Menikmati Eksotisme Pantai Tanjung Kerasak

Admin
Menikmati Eksotisme Pantai Tanjung Kerasak
Foto: Dok. TIC Basel

BANGKA SELATAN,BABELREVIEW – Pantai Tanjung Kerasak terletak di Desa Pasir Putih, berjarak kurang lebih 30 km dari  Kota Toboali. Jarak ini dapat ditempuh selama kurang lebih satu jam perjalanan dengan kendaraan roda dua  dan roda empat. Keindahan Pantai Tanjung Kerasak terletak pada panaroma  yang sangat indah dengan pasirnya yang putih, airnya yang jernih kebiru-biruan  dan ombak yang ramah. Kecuali pada waktu-waktu tertentu seperti pada musim angin barat ombak di pantai ini tergolong besar dan bergulung-gulung. 

Dinamakan Tanjung Kerasak  karena dulunya pantai ini terkesan kotor dengan banyaknya daun-daun pepohonan yang berguguran di sepanjang pantai hingga mencapai lutut. Masyarakat setempat menyebutnya “kerasak”. “Itulah sebabnya mengapa pantai ini dinamakan Pantai Tanjung Kerasak,” ujar Kepala Desa Pasir Putih,  Iswandi.  

Dalam perjalanan dari Toboali menuju Pantai Tanjung Kerasak  pesona alam yang indah sudah memanjakan mata. Di sepanjang jalan yang sudah beraspal, pengunjung dapat menikmati jajaran perkebunan kelapa sawit, lada, dan komoditas perkebunan lain milik warga setempat yang menciptakan kesejukan.

Suasana perkampungan penduduk yang masih asri memberikan nuansa ketenangan yang terasa jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Rumahrumah penduduk yang terbuat dari kayu, hewan-hewan ternak seperti ayam, bebek dan kambing berkeliaran di luar kandang serta ditambah lagi sungai-sungai kecil yang mengalir jernih seakan melengkapi nuansa alam pedesaan yang asri dan eksotik. Pengunjung akan mendapati suasana sedikit berbeda ketika perjalanan memasuki kawasan Pantai Tanjung Kerasak.

Di sebelah kanan dan kiri jalan terlihat hutan kecil dan sungai yang mengalir jernih. Perkampungan penduduk didominasi rumah-rumah bergaya panggung. Saat memasuki Pantai Tanjung Kerasak, suasana teduh seakan mengucapkan selamat datang kepada pengunjung.  Suasana pantai yang sejuk dan teduh ini disebabkan banyaknya pohon-pohon besar yang tumbuh subur di sepanjang pantai ini.

Bebatuan granit yang seperti sengaja disusun di bibir pantai semakin menambah keindahan Pantai Tanjung Kerasak.  Rasakan sensasi keindahannya ketika Anda duduk bersantai di atas bebatuan granit tersebut. Perpaduan antara keteduhan hutan dan eksotisme panorama pantai membuat tempat ini kerap dijadikan tempat berkemah oleh pengunjung.

Seiring dengan semakin diminatinya pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata, Pantai  Tanjung Kerasak Desa Pasir Putih Kecamatan Tukak Sadai juga telah memberikan manfaat ekonomis bagi sebagian masyarakat Desa Pasir Putih. Salah satu manfaat ekonomis dari pantai tersebut adalah adanya peluang usaha bagi masyarakat setempat  untuk berdagang makanan dan minuman serta penyewaan speedboat. 

“Sejak ramainya wisatawan yang berkunjung, para pedagang, baik pedagang menetap maupun pedagang keliling juga mulai ramai untuk mengais rejeki yang sebelumnya hanya beberapa pedagang saja, " kata Tino, Ketua Karang Taruna Desa Pasir Putih. Tino bersama anggota karang taruna lainnya juga ikut membangun warung di pinggir pantai atas nama karang taruna. 

Kedepan dirinya akan menjajaki beberapa bisnis lain, salah satunya sewa selancar untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung, Pantai Tanjung Kerasak memiliki fasilitas pendukung diantaranya MCK, gazebo, mushola, lahan parkir dan termasuk sentra kuliner Bangka Selatan.

Pada hari-hari tertentu terutama pada hari libur lebaran, ratusan  warga Kabupaten Bangka Selatan biasanya memadati kawasan wisata ini. Ita, salah satu pengunjung dari Desa Jeriji Kecamatan Air Gegas kerap memanfaatkan liburan dengan mengunjungi objek wisata tersebut.

“Selain mengisi liburan bersama keluarga, acara wisata ke pantai ini juga dapat dimanfaatkan untuk menjalin silahturahim dengan teman dan warga dari daerah lainnya,” tukas Ita. Bagi Anda yang ingin mencari wisata pantai Bangka yang masih asri, tidak ada salahnya mengunjungi Pantai Tanjung Kerasak. Anda dapat merasakan suasana alam pantai yang berbeda dari wisata pantai lainnya di Pulau Bangka. (BBR)



Penulis :Septi
Editor   :Sanjay
Sumber :Babelreview