Mentilin Bercerita, Antara Dunia Maya dan Dunia Nyata

Kasmirudin
Mentilin Bercerita, Antara Dunia Maya dan Dunia Nyata
KKN Mahasiswa UGM saat tampil di Radio El-Jhon Sungailiat. (Foto: Istimewa)

“Banyak jalan menuju Roma. Pengabdian ini  tetap bisa kita berikan walau rintangan menghadang,” ujar seorang mahasiswa dalam sebuah video.

VIDEO tersebut merupakan teaser dari salah satu unit Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diadakan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) periode 2 tahun 2020 yang berlokasi di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka.

Selama ini, Kuliah Kerja Nyata dipandang sebagai salah satu mata kuliah yang wajib diselesaikan oleh mahasiswa di kampus tersebut.

Melalui kegiatan KKN, mahasiswa diharapkan mendapat pengalaman sekaligus mengamalkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh di bangku perguruan tinggi kepada masyarakat di lapangan.

Pelaksanaan KKN di tahun 2020 sedikit “spesial”, karena adanya pandemi Covid-19.

Dalam beberapa kesempatan, dijelaskan bahwa pihak kampus tidak mengharapkan adanya penularan virus dari mahasiswa ke masyarakat maupun sebaliknya.

Pasalnya, penerjunan mahasiswa ke masing-masing lokasi KKN yang menjadi sasaran.

Di sisi lain, menunda kelulusan mahasiswa karena terjegal oleh KKN juga tidak dipandang sebagai pilihan.

Melaksanakan KKN secara daring disebut sebagai suatu jalan tengah untuk tetap menjalankan kewajiban pengabdian terhadap masyarakat di tengah kondisi pandemi.

Kegiatan di lapangan diminimalisir, sedangkan penyampaian materi dilakukan dengan memaksimalkan penggunaan teknologi digital agar supaya dapat terus tersampaikan tanpa kontak fisik berlebihan.

Pelaksanaan KKN daring ini merupakan kali pertama dilakukan oleh Universitas Gajah Mada.

Serangkaian keterbatasan tentu dirasakan saat KKN Daring berlangsung, karena perubahan interaksi antara sesama mahasiswa maupun masyarakat.

Mahasiswa dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif sejak perencanaan hingga pelaksanaan program.

Salah satu program yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di keadaan pandemi adalah Pembagian Face shield dan Vitamin kepada Masyarakat Dusun Air Anyir.

Sebelas buah pelindung wajah (face shield) dibagikan kepada perangkat desa di Dusun Air Anyir, beserta tiga ratus botol vitamin C kepada masyarakat di Dusun Air Anyir melalui para person in charge (PIC).

Seusai diserahkan, perangkat desa langsung membagikan kepada masyarakat secara bertahap sesuai protokol kesehatan.

Cara tersebut dipilih untuk memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan baik dan meminimalkan penyebaran wabah coronavirus disease 2019 ( Covid-19).

Pengabdian tidak selesai sampai di situ. Terdapat bidang-bidang lain yang ikut menjadi perhatian dalam KKN Daring.

Pendidikan merupakan salah satu bidang yang menonjol dalam kegiatan tersebut, bersamaan dengan berbagai bidang lain yang tidak kalah penting, seperti: pariwisata, usaha menengah, teknologi, maupun lainnya.

Sebagai salah satu komponen yang perlu menjadi prioritas pembangunan menjadi masyarakat yang maju, upaya dalam sosialisasi mengenai pendidikan pun tidak kehabisan cara.

Pengadaan talkshow melalui radio menjadi salah satu jalan yang ditempuh dalam rangka menumbuhkan minat untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Hal ini muncul setelah identifikasi beragam alasan yang menjadikan seseorang berhenti melanjutkan pendidikannya, mulai dari alasan ekonomi hingga faktor internal.

  • Halaman
  • 1
  • 2