Menuju New Normal Babel Siapkan Perda, Ada Sanksi Denda Bagi Pelanggar

kasmirudin
Menuju New Normal Babel Siapkan Perda, Ada Sanksi Denda Bagi Pelanggar
Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah saat menghadiri kegiatan apel bersama unsur maritim dalam rangka pencegahan Covid-19 Satgas Angkatan Laut, yang digelar di Pelabuhan Pangkalbalam, Kamis (28/5/2020). (Foto: Istimewa)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Provinsi Bangka Belitung (Babel) saat ini tengah melakukan persiapan menuju New Normal, seperti yang digagas oleh pemerintah pusat. Hal ini menyikapi kondisi pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan akan berakhir.

Untuk menuju New Normal atau tatanan kehidupan baru ini, Pemprov Babel pun mulai melakukan berbagai persiapan, salah satunya dengan membuat peraturan daerah terkait dengan pengenaan sanksi terhadap pelanggaran pelaksanaan protokol Covid-19.

Wakil Gubernur Bangka Belitung, Abdul Fatah mengatakan, kebijakan New Normal yang akan diterapkan ini diakuinya akan sedikit memberikan kelonggaran terhadap batasan-batasan yang selama ini diberlakukan pada masa pandemi dan masyarakat akan bisa melakukan aktivitas kembali seperti biasanya.

Kendati demikian, meski aktivitas akan kembali seperti semula, dengan kebijakan New Normal masyarakat tetap dituntut untuk menerapkan protokol Covid-19.

"Untuk itu masyarakat perlu diatur dan kita sebagai pemerintah daerah juga perlu mengeluarkan aturan melalui peraturan daerah, kita atur mengenai protokol kesehatan Covid-19," kata Abdul Fatah saat menghadiri kegiatan apel bersama unsur maritim dalam rangka pencegahan Covid-19 Satgas Angkatan Laut, yang digelar di Pelabuhan Pangkalbalam, Kamis (28/5/2020).

Abdul Fatah mengungkapkan, dalam menerapkan aturan ini kepada masyarakat tentunya akan diawali dengan cara persuasif berupa peringatan. Apabila masih melakukan pelanggaran, akan mendapat teguran secara tertulis. Selanjutnya, apabila masih juga terjadi pelanggaran-pelanggaran yang lebih luas lagi, maka pemerintah akan memberikan denda kepada yang bersangkutan.

“Perda tersebut saat ini sedang dipersiapkan dan akan segera selesai, terkait rencana sanksi denda kita akan takar sesuai dengan  tingkat kesalahan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Abdul Fatah menyebutkan protokol kesehatan Covid-19 yang akan diterapkan dalam perda diantaranya seperti memakai masker, sering mencuci tangan dengan air mengalir atau hand sanitizer, menjaga jarak, menghindari kerumunan termasuk meningkat imunitas tubuh dengan konsumsi makanan bergizi dan vitamin.

Ia juga menilai, saat ini sinergitas antara semua instansi terkait termasuk pemerintah provinsi, kabupaten/Kota sudah sangat bagus dalam menyiapkan New Normal di Bangka Belitung.

“Ini menunjukkan bahwa kita siap memasuki New Normal di Babel," Sebutnya.

Wagub Abdul Fatah juga menyampaikan, bahwa angkutan penumpang Express Bahari akan mulai normalisasi secara terbatas pada tanggal 1 Juni 2020, dengan mengedepankan protokol kesehatan.

“Penumpang harus disertai dengan dokumen, bahwa yang bersangkutan sudah memeriksakan dirinya melalui rapid test yang menyatakan tidak reaktif atau negatif,” pungkasnya. (BBR)


Penulis  : Diko Subadya 

Editor    : Kasmir