Menunggu Corona Berlalu, Tour Guide Babel Berharap Dilirik Pemda se Babel

Ahada
Menunggu Corona Berlalu, Tour Guide Babel Berharap Dilirik Pemda se Babel
Ilustrasi. (Ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID --- Pramuwisata atau pemandu wisata (Tour Guide) memiliki posisi yang amat strategis dalam menampilkan citra baik terhadap sebuah daerah wisata.

Bahkan, baik buruknya sebuah destinasi wisata bisa tergantung bagaimana si Pramusiwata menyuguhkannya.

Bangka Belitung sebagai salah satu provinsi yang kerap menjadi destinasi para wisatawan, tentunya harus memiliki Pramuwisata-pramuwisata yang handal, agar dapat memperkenalkan dan mempromosikan wisata Babel dengan baik, serta membuat wsatawan bisa betah dan ingin balik lagi ke Babel.

Dengan terus berkembangnya Daya Tarik Wisata (DTW) di Babel saat ini, pemerintah daerah harus mulai memikirkan bagaimana memberikan servis terbaik kepada para wisatawan yang datang ke Babel, salah satunya dengan kehadiran Pramuwisata yang handal.

Sebenarnya untuk yang satu ini pemerintah Provinsi Babel tak perlu bingung, Pramuwisata di provinsi ini cukup banyak.

Untuk hal ini Pemerintah dapat bersinergi dengan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) yang ada di Provinsi Babel.

Ketua DPD HPI Babel, Andi kepada Babel Review mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya memang berharap dapat menjadi patrner strategis Pemerintah Daerah dalam mempromosikan wisata Babel.

"Kami sangat berharap kiranya pemerintah yang ada saat ini dapat memaksimalkan atau memberdayakan profesi Pramuwisata.  Harapan kami sebenarnya dapat dilibatkan dalam kegiatan pemerintahan, apalagi pemerintah daerah kerap menerima tamu dari luar daerah baik," katanya.

Saat ini Andi mengungkapkan,  jumlah pramuwisata di Babel yang terdata dan bergabung dengan HPI Babel berjumlah 56 orang. Jumlah itu berdasarkan data Pramuwisata yang melakukan registrasi pada awal tahun 2020.

Ia menjelaskan, Pramusiwata adalah stackholder di Babel yang bisa dirangkul pemerintah dalam mengembangkan pariwisata.
Hal ini tak lepas dari kemampuan dan wawasan yang mereka miliki terkait pariwisata.

Seorang pramuwisata...

  • Halaman
  • 1
  • 2