Menunggu Pelantikan Bupati dan Wabup Bangka Selatan, Debby Pesan Seragam Putih Dua Kali

Kusuma Jaya
Menunggu Pelantikan Bupati dan Wabup Bangka Selatan, Debby Pesan Seragam Putih Dua Kali
Wakil Bupati Bangka Selatan terpilih, Debby Vita Dewi (Debby Jamro). (firly/babelreview)

PANGKALPINANG. BABELREVIEW.CO.ID -- Wakil Bupati Kabupaten Bangka Selatan terpilih, Debby Vita Dewi terpaksa pesan seragam putih kembali untuk pelantikan Bupati dan Wabup pada Jumat (26/2/2021) ini.

Awalnya jauh-jauh hari sebelum pelantikan, Debby mengaku sudah pesan seragam putih untuk pelantikan. Namun, ketika seragam diterima dari salah satu penjahit lokal, ternyata tidak sesuai dengan seragam yang akan Ia kenakan untuk pelantikan.

Seragam yang telah jadi dan dibayar lunas tersebut berbentuk jas, dan berbeda dengan seragam yang akan Ia pakai ketika dilantik bersama Bupati Bangka Selatan terpilih Riza Herdavid.

"Padahal waktunya sudah mepet. Terpaksa saya pesan seragam yang baru yang sesuai dengan ketentuan untuk seragam pelantikan. Jadi dua kali saya pesan seragam putih untuk pelantikan," ujar Debby, sembari tersenyum.

Untunglah, kata Bunda Debby, sapaan akrab Wakil Bupati Bangka Selatan ini, ada penjahit yang sanggup membuat dalam waktu cepat.

"Hanya dua hari. bajunya sudah selesai. Sehingga saya bisa bernafas lega," tukas Bunda Debby.

Dijadawalkan, pada Jumat (26/2/2021) ini, Debby Vita Dewi bersama Bupati Bangka Selatan terpilih Riza Herdavid akan dilantik Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman.

Pelantikan ini juga akan dilakukan serempak dengan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka Tengah dan Kabupaten Belitung Timur.

Bupati dan Wakil Bupati yang akan dilantik Gubernur Babel Erzaldi Rosman pada 26 Februari 2021 tersebut, antara lain Bupati Kabupaten Bangka Tengah terpilih Bupati Algafry Rahman dengan Wakil Bupati Herry Erfian, Kabupaten Bangka Selatan dengan Bupati Riza Herdavid dengan Wakil Bupati Debby Vita Dewi, serta Kabupaten Belitung Timur dengan Bupati Burhanudin dan Wakil Bupati Khairil Anwar.

Sedangkan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka Barat, akan dilaksanakan pada beberapa waktu kemudian.

Pelantikan yang sebelumnya direncakan secara virtual ini, kini berubah menjadi pelantikan secara langsung, digelar di Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Air Itam Kota Pangkalpinang.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Naziarto, menyatakan bahwa Pemprov Babel telah siap untuk melakukan pelantikan kepala daerah terpilih tahun 2020 pada tanggal 26 Februari 2021 pukul 09.00 WIB.

“Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah siap untuk mengikuti pelantikan para kepala daerah terpilih di tiga kabupaten,” ungkap Naziarto.

Sedangkan untuk prasarana yang akan digelar di kantor gubernur, akan menerapkan protokol kesehatan yang sesuai dengan arahan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen OTDA) Kemendagri.

“Prasarana di kantor gubernur, tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai dengan arahan Dirjen OTDA. Setiap tamu dan undangan akan diperiksa sesuai peraturan protokol kesehatan. Bagi masyarakat yang ingin melihat, bisa melalui live streaming,” tukasnya.

Dalam arahan Dirjen OTDA Kemendagri, Akmal Malik, pelantikan dengan pendekatan luring (luar jaringan) dengan protokol kesehatan yang ketat boleh dilakukan. Mengingat tidak semua daerah dapat melakukan secara daring, dikarenakan kondisi jaringan dan kondisi geografis yang belum memadai.
Namun dirinya menegaskan, apabila pelantikan dilakukan melalui pendekatan luar jaringan (luring), maka tidak boleh lebih dari 25 orang yang berada dalam satu ruangan.

“Saat pelantikan, tidak boleh lebih dari 25 orang yang berada dalam satu ruangan. Hal ini dilakukan, agar kondisi pelantikan tetap terjaga meski euforia sedang tinggi terhadap pelantikan. Karena kesehatan merupakan prioritas,” tegas Akmal.

Namun, apabila terdapat provinsi dengan pelantikan kepala daerah yang cukup banyak dan melebihi kapasitas 25 orang, Ia mengingatkan agar dapat dilakukan secara bertahap agar protokol kesehatan tetap terjaga.

Rencana pelantikan kepala daerah terpilih yang dilaksanakan di 32 Provinsi se-Indonesia, akan dilakukan kedalam tiga tahap, yaitu pada Bulan Februari, April, dan Juli 2021. (BBR)