PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung (Babel) melakukan inspeksi jaringan dan melakukan pemangkasan pohon untuk menjaga keandalan pasokan listrik selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1445H.
Inspeksi dilakukan di jaringan-jaringan listrik PLN yang menyalurkan langsung listrik ke tempat-tempat ibadah dan rumah-rumah pelanggan di Unit Layanan Pelanggan (ULP). Tidak hanya di pendistribusian listrik ke pelanggan dari sisi hulu kelistrikan yakni Pembangkit, Transmisi dan Gardu Induk juga dilakukan inspeksi dan kesiapannya dalam menyuplai pasokan listrik.
Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Pangkalpinang, Lukas Desiandri menyampaikan persiapan jaringan untuk keandalan pasokan listrik Ramadhan sudah jauh hari dilakukan.
“Dari sebulan yang lalu kita sudah melakukan pemeliharaan jaringan dibeberapa titik yang sering terjadi gangguan, seperti penggantian material yang terindikasi tidak optimal lagi fungsinya dan gangguan hewan yang menyebabkan trip. Untuk mencegah potensi gangguan PLN juga melakukan antisipasi dengan melakukan Right On Way (ROW) atau perambasan pohon agar tidak menyentuh jaringan serta bisa menjadi jalan masuk hewan ke jaringan listrik jika tidak dipangkas”, ungkap Lukas.
Pemeliharaan jaringan dilakukan dengan sistem tanpa padam. Team Leader Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bangka, Ariadi mengatakan “Untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan PDKB perlu dilakukan, karena dengan PDKB ini pemelihraan jaringan tetap bisa kami lakukan tanpa pelanggan mengalami pemadaman” kata Ariadi.
Sementara itu saat dihubungi melalui pesan singkat, Manager PLN UP3 Bangka, Muhammad Isra menyebutkan PLN terus berkomitmen untuk memastikan pasokan listrik yang stabil dan andal bagi masyarakat salah satunya pada tanggal 4 Maret 2024, PLN Babel berhasil menambahkan kapasitas listrik di Bangka dengan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Gas dengan kapasitas 1 x 25 Megawatt di komplek pembangkitan Air Anyir.
“Kami telah melakukan evaluasi menyeluruh terhadap infrastruktur dan kapasitas kami, serta merencanakan langkah-langkah proaktif dalam menghadirkan listrik yang andal selama bulan Ramdhan dan sampai Hari Raya Idul Fitri”, sebut Isra.
Suryani, warga Kace Timur, saat mengetahui adanya penambahan pembangkit PLN Bangka, menyampaikan sangat senang dan memberikan apresiasi kepada PLN atas kerja kerasnya.
“Terimakasih kepada PLN yang telah menambah pasokan listrik dan mengupayakan pemeliharaan listrik, semoga selama bulan Ramadhan sampai Idul Fitri kita dapat beribadah dengan khusyuk”, sebut Suryani yang sehari-hari bekerja sebagai Asisten Rumah Tangga di Pangkalpinang.
Sementara itu di sisi Pulau Belitung, Manager PLN UP3 Belitung, Hariani juga menambahkan bahwa di Belitung langkah-langkah yang sama juga telah dilakukan PLN UP3 Belitung.
“Keandalan sistem menjadi fokus kami dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Namun jika kondisi alam menyebabkan adanya gangguan pelanggan dapat segera melaporkan melalui PLN Mobile dan tentunya kami siap untuk mengatasi tantangan dan gangguan yang ada untuk memastikan bahwa masyarakat dapat menjalani ibadah dengan nyaman dan aman tanpa gangguan”, tutup Hariani.
FB: PLN Wilayah Bangka Belitung, Twiter:@PLNBabel
Narahubung
Zulkarnain
MSB APKU UIW BABEL
Tlp. 0717 439300
Facs. 0717 439600
Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.