Meski Rapid Test Negatif, Jenazah Warga Air Duren Dimakamkan Sesuai Protap Covid-19

Ibnuwasisto
Meski Rapid Test Negatif, Jenazah Warga Air Duren Dimakamkan Sesuai Protap Covid-19
Petugas dengan APD lengkap makamkan jenazah Liauw Thu San (78) warga Desa Air Duren Kecamatan Pemali, Bangka di Pemakaman Abadi Air Duren Pemali, Minggu sore (19/4/2020).

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra menyampaikan saat konferensi pers di Kantor BPBD Kabupaten Bangka bahwa pihaknya mendapatkan telepon dari RSUD Depati Bahrain Sungailiat Bangka ada pasien atas nama Liauw Thu San (78) warga Desa Air Duren Kecamatan Pemali meninggal dunia, Minggu (19/4/2020).

Dikatakannya jika almarhum masuk rumah sakit pada tanggal 18 April 2020, dengan riwayat penyakit jantung, hipertensi dan anemia. Saat berada di rumah sakit dan dilakukan pemeriksaan jantung, alhasil dokter melakukan penanganan pasien dengan SOP Covid-19, meskipun hasil Rapid Test pasien negatif.

"Pasien tetap dimasukkan dalam kategori PDP, kemudian hari ini jam 14:00 wib kami mendapatkan telepon dari pihak rumah sakit ternyata pasien atas nama Liauw Thu San meningal dunia. Karena almarhum masuk kategori PDP, maka untuk proses pemakaman kita gunakan protap Covid-19. Dan almarhum dimakamkan di Pemakaman Abadi, Air Duren Pemali. Jadi masyarakat tidak usah takut dan khawatir dengan adanya pemakaman ini," ujarnya.

Meskipun hasil Rapid Test almarhum negatif, pihaknya tetap mengirimkan Swab pasien ke provinsi untuk dilakukan tes laboratorium. Boy Yandra berharap Kabupaten Bangka masih bisa mempertahankan didalam zona hijau.

"Untuk saat ini di Kecamatan Pemali terdapat ODP 39 orang dan PDP 1 orang. Mari bersama-sama kita jalankan hidup bersih, sehat dan rajin berolah raga. Dan selalu lakukan himbauan yang sudah diberikan oleh pemerintah," tutupnya. (BBR)


Penulis : Ibnu

Editor : 

Sumber : Babel Review