Meski Tahun 2020 Penuh Tantangan, Babel Berhasil Meraih Banyak Prestasi

Ahada
Meski Tahun 2020 Penuh Tantangan, Babel Berhasil Meraih Banyak Prestasi
Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman. (dok: Kominfo Babel)

Meski Tahun 2020 Penuh Tantangan
Babel Berhasil Meraih Banyak Prestasi

 

Erzaldi Rosman dianugerahi Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi se-Indonesia (Askompsi) dalam Askompsi Awards sebagai “Gubernur yang Dinilai Paling Banyak Berkontribusi dan mendukung Kebijakan Anggaran Diskominfo di Bangka Belitung

 

TAHUN 2020 ini memang penuh tantangan dan ujian. Pandemi covid-19 yang mulai menyebar bulan Februari 2020 lalu, telah mengganggu hampir semua aktivitas kehidupan masyarakat dunia, tidak terkecuali Bangka Belitung.

Persoalan kesehatan yang terus mengancam kenyamanan, ekonomi yang terpuruk, serta kehidupan sosial yang terganggu menjadi potret gelap sepanjang tahun 2020. Tidak banyak daerah dan negara yang bisa bertahan dari gempuran pandemi covid 19 ini.

Meski tidak masuk ke dalam lubang kemerosotan, namun pandemi covid-19 ini telah menggangu kestabilan ekonomi dan sosial masyarakat Bangka Belitung.

Beruntung, sebagian besar masyarakat Bangka Belitung masih menggantungkan ekonomi dari sumber daya alam seperti perkebunan, pertanian dan perikanan. Sehingga aktivitas ekonomi masih berjalan meskipun tersendat-sendat.

Selama dipimpin Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman dan Wagub Babel Abdul Fatah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menunjukkan perkembangan yang positif.

Visi dan Misi mewujudkan Babel yang sejahtera berhasil dijalani dalam waktu empat tahun ini. Melalui koordinasi yang terintegrasi bersama para Forkopimda Babel, ASN, lembaga swasta, yayasan, komunitas, serta masyarakat dari berbagai kalangan, Gubernur Erzaldi Rosman berhasil menarik perhatian berbagai pihak untuk memberikan apresiasi atas hasil kerja keras dan kerja cerdasnya selama empat tahun ini.

Termasuk di 2020 ini. Meski Babel juga terkena imbas pandemi covid-19, sehingga mengharuskan masyarakat membatasi pergerakan, namun Gubernur Erzaldi mampu mengajak masyarakat Babel untuk beradaptasi dan berinovasi agar dapat terus bekerja dan berkarya.

Jika dilihat dari segi luas wilayah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hanyalah provinsi kecil yang akses keluar masuknya masih terbatas, serta perkembangan pembangunannya pun masih terbilang kurang jika dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia. 

Namun, siapa sangka? Salah satu provinsi kepulauan di Indonesia ini berhasil meyakinkan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk memberikan status sebagai Provinsi Terbaik Kedua se-Indonesia dalam Penanganan Covid-19 serta penghargaan dari BNPB pada puncak peringatan Hari Pengurangan Resiko Bencana Tahun 2020.

Presiden Jokowi bahkan mempercayai Babel untuk membuka kembali pariwisatanya di era adaptasi. Hal ini merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras dan cerdas Gubernur Erzaldi Rosman serta berbagai pihak yang berhasil menekan angka Covid-19 di Babel. 

Tidak menyia-nyiakan waktu, Erzaldi Rosman segera mempersiapkan kebijakan pariwisata yang berkolaborasi dengan pihak UMKM dengan menerapkan konsep adaptasi baru. Dengan kebijakan yang agresif namun terukur, Erzaldi Rosman diberikan penghargaan sebagai Pemimpin Daerah Pendorong Pengembangan Sektor Pertanian dan Pariwisata dan Penganugerahan Indonesia Property & Bank Award (IPBA) XV ABPEDNAS AWARD II tahun 2020.

Tentunya kita masih ingat, tindakan Erzaldi Rosman dalam membatasi penerbangan menjadi sehari sekali, mengadakan alat tes swab PCR, serta menyegerakan kebijakan-kebijakan yang digunakan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 menjadi salah satu pemicu Babel dalam mendapatkan apresiasi ini.

Meski merupakan provinsi kecil, Babel membuktikan bahwa inovasinya mampu membantu Indonesia terutama dalam Covid-19. Bekerjasama dengan Alghozi, seorang pemuda daerah dalam pembuatan dan pengembangan aplikasi yang diberi nama FightCovid-19, Babel berhasil meraih penghargaan Inovasi Pelayanan Publik dan Apresiasi Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid-19, serta Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik tahun 2020.

Provinsi Sangat Inovatif..

  • Halaman
  • 1
  • 2
  • 3