Mie Belitong & Es Jeruk Kunci Hamoi Juara Di Belitung

Admin
Mie Belitong & Es Jeruk Kunci Hamoi Juara Di Belitung
Foto: (NET/IST)

TANJUNGPANDAN,BABELREVIEW – Bagi travelers masa  kini, memburu kuliner khas dari kota yang jadi tujuan wisatanya tentu takkan terlewati. Mencicipi ragam serta citarasa masakan nusantara yang unik di satu daerah sudah pasti akan melengkapi sebuah perjalanan wisata.Lebih-lebih aktivitas wisata kuliner akan menjadi bahan cerita tambahan para travelers ketika nanti berbincang dengan teman-temannya sepulang dari liburan. Minimal, hasil hunting kuliner tersebut siap jadi stock foto untuk kemudian memenuhi hasrat eksis     di media sosial.

Nyajian Olahan mie jadi salah satu  varian makanan yang populer di Indonesia. Mie Aceh di Aceh, Mie Kocok di Bandung, Mie Godog di Jogja, termasuk juga Mie Koba di Pulau Bangka adalah beberapa diantaranya. Nah, di Belitung juga ada kuliner khas daerah yang menggunakan mie sebagai komponen dasar.

Masyarakat lokal sih lebih sering menyebutnya dengan Mie Rebus, tapi nama lain yang juga populer, termasuk di kalangan wisatawan adalah Mie Belitong. Nama terakhir ini tentu juga lebih catchy, karena langsung merujuk pada nama daerah di mana makanan ini berasal. Kuah kental dengan citarasa udang akan jadi rasa dominan saat pertama kali Anda mencicipi Mie Belitong.

Beberapa udang ukuran kecil pun akan Anda temukan di antara lembaranlembaran mie. Potongan kentang, tahu, dan timun juga jadi 'partner' yang pas untuk mie basah yang ikut kental tersiram kuah. Jika rasa-rasanya ada yang kurang tanpa kriuk-kriuk kerupuk, beberapa emping sudah diletakkan dalam piring penyajian. Makin sempurna lagi jika Mie Belitong disajikan di atas daun simpur, yang mampu menjaga aroma dan citarasa, serta membuat tampilannya lebih cantik dan makin menggugah selera.

Di mana bisa menemukan Mie Rebus atau Mie Belitong ini? Ada banyak warung di Kota Tanjungpandan yang bisa Anda datangi. Mie Atep di Jalan Sriwijaya merupakan salah satu yang legendaris dan paling populer di kalangan wisatawan. Sebagai alternatif, Babel Review juga merekomendasikan Anda mencicipi Mie Belitong di Warung Tenda Biru (di Kampung Parit, dekat gedung bekas RSUD) atau di Resto Hanggar 21 (arah Bandara H.A.S Hanandjoeddin). Soal harga, Mie Belitong ini sangat bersahabat.

Dengan kisaran 10 sampai 16 ribu rupiah (harga tiap warung berbeda) Anda sudah bisa menikmati salah satu kuliner olahan mie paling nikmat di nusantara. Dengan harga terjangkau seperti itu, rasanya Anda tak perlu khawatir untuk menambah satu porsi lagi Mie Belitong.

Jika sudah makan Mie Belitong, maka minuman yang paling pas untuk menemani santapan tersebut adalah Es Jeruk Kunci Hamoi. Bukan es jeruk biasa. Jeruk kunci sendiri adalah jenis jeruk berukuran kecil yang hanya ada di Bangka Belitung. Sedangkan hamoi merupakan buah dengan rasa asam kecut yang khas. Warna hamoi pun membuat es jeruk kunci jadi lebih kuning dan menarik. Dua butir buah hamoi yang masih utuh bolehlah Anda coba sebagai penutup meminum es ini.

Paduan jeruk kunci dan buah hamoi (serta tambahan gula untuk pemanis) sungguh berhasil membuat sebuah minuman segar yang istimewa. Sangat cocok untuk menghilangkan dahaga Anda di tengah cuaca terik Belitung saat liburan. Untuk harga, segelas Es Jeruk Kunci Hamoi biasanya dijual dengan kisaran 10 sampai 15 ribu rupiah. Murah bukan? Mie Belitong dan Es Jeruk Kunci Hamoi adalah makanan & minuman daerah yang memperkaya ragam kuliner nusantara. Selain jadi penambah daya tarik pariwisata, secara citarasa, keduanya juga sangat juara! Silahkan mencoba! (BBR)


Penulis :Ichsan
Editor   :Sanjay
Sumber :Babelreview