MRI-ACT Bangka Salurkan Ratusan Paket Sembako Kepada Warga Terdampak Covid-19

Irwan
MRI-ACT Bangka Salurkan Ratusan Paket Sembako Kepada Warga Terdampak Covid-19
MRI-ACT Bangka salurkan ratusan paket sembako kepada warga terdampak Covid-19. Foto: Ist

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID – Selama bulan suci Ramadan, para pemuda yang tergabung dalam Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) – Aksi Cepat Tanggap (ACT)  Kabupaten Bangka bersama relawan peduli lingkungan Komunitas BECAK-Babel menyalurkan ratusan paket sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Kabupaten Bangka.

Koordinator MRI-ACT Kabupaten Bangka Muhammad Arinda Unigraha menjelaskan, sejauh ini telah didistribusikan 150 paket sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Kabupaten Bangka.

Pendistribusian dibagi dalam tiga program, yakni paket sembako untuk guru ngaji, paket sembako untuk mualaf fakir/miskin dan paket sembako untuk keluarga pra sejahtera. Penyaluran dilakukan dengan ketat dan penuh tanggung jawab.

Tim MRI-ACT Bangka memiliki tim pendataan lapangan yang bertugas menghimpun dan memverifikasi para penerima bantuan agar tepat sasaran.

“Kami mengutamakan masyarakat yang membutuhkan dan diprioritaskan bagi yang belum menerima bantuan dari pemerintah atau lembaga lainnya. Paket-paket ini dihimpun dari para dermawan melalui ACT Bangka Belitung,” terang Arinda.

Rado Pramana selaku penanggungjawab Logistik menjelaskan, paket sembako terdiri dari beras 5 kg, gula 1 kg, minyak goreng 1 liter, sarden, mie instan, dan terigu 1 kg. Paket-peket ini telah didistrubusikan ke Desa Paya Benua, Desa Zed, Desa Sempan, Tanjung Ratu, Kampung Pasir, Parit padang, Bukit Betung, Sinar Baru, Desa Air Duren, Desa Pemali, Rambak, Jelitik, Pelabuhan, hingga lingkungan TPA Kenanga, Sungailiat.

Selain Paket sembako, MRI-ACT Bangka juga akan membagikan 1000 masker kain kepada masyarakat di beberapa titik dalam waktu dekat ini.

“Kami juga bekerjasama dengan BKPRMI Bangka, Remaja Masjid Desa Zed, dan Remaja Masjid Desa Sempan, Pengurus PITI (Persatuan Muslim Tiong Hoa) Bangka, dalam pendistribusian agar tepat sasaran,” kata Arinda.

Sementara itu Boy Yandra, selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Bangka yang turut serta dalam penyaluran paket sembako menyambut baik langkah-langkah positif yang dilakukan para pemuda MRI-ACT Bangka.

Ia berharap langkah-langkah kongkrit sederhana seperti ini terus dilakukan komunitas masyarakat yang mampu membantu untuk mengurangi dampak penurunan perkonomian masyarakat karena kondisi pandemi ini. (BBR)