Mudik Dilarang, Ketua DPRD Babel Minta Masyarakat Menahan Diri

Irwan
Mudik Dilarang, Ketua DPRD Babel Minta Masyarakat Menahan Diri

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID — Pemerintah pusat telah menetapkan aturan larangan mudik pada masa ramadhan dan Idul Fitri 2021 untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Aturan terkait peniadaan mudik tersebut, secara rinci tetuang dalam surat edaran Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 nomor 13 tahun 2021.

Larangan masa mudik ini akan dimulai terhitung pada tanggal 6 hingga 17 Mei 2021. Sementara  Itu ditambah lagi dengan masa pengetatan perjalanan dalam negeri selama H-14 dan H+7 larangan mudik lebaran atau 22 April-5 Mei dan 18-24 Mei 2021.

Menyikapi aturan tersebut, Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi meminta masyarakat untuk mematuhi aturan itu, demi kebaikan bersama.

“Ketika presiden yang mengintruksikan kita ikuti, ini untuk kepentingan bersama. Kita menyarankan masyarakat menahan diri untuk mudik,”pintanya.

Terkait dengan aggaran penanganan covid-19 yang mulai menipis, dirinya mengatakan pihaknya siap melakukan perubahan anggaran jika diperlukan, karena fokus anggaran salah satunya masih pada penanganan Covid-19.

“Terkait dengan anggaran tentunya kita sudah merencanakan itu dan kita bisa melakukan refocussing anggaran jika diperlukan penambahan,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengungkapkan pihaknya akan segera melakukan rapat virtual dengan Satuan Tugas (Satgas) di Babel termasuk kabupaten/kota, Kapolda dan Danrem terkait dengan penerapan aturan Larangan mudik oleh pemerintah.

“Tak hanya itu kita juga akan membatasi kegiatan di masyarakat yang sifatnya menimbulkan kerumunan, bila perlu agenda open house juga kita atur apakah ditiadakan atau dilakukan tapi secara bertahap,” pungkasnya. (BBR/ADV)

Laporan: Diko

Editor: Irwan