Mudik ke Pangkalpinang Positif Covid-19 Langsung Dikarantina

Kasmirudin
Mudik ke Pangkalpinang Positif Covid-19 Langsung Dikarantina
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil

PANGKALPINANG, BABELREVIEW. CO.ID -- Pemerintah Kota Pangkalpinang menggelar rapat bersama forkopimda, terkait langkah preventif dalam penanganan penambahan jumlah kasus positif Covid- 19 di Kota Pangkalpinang, Kamis (6/5/2021).

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil mengatakan, dari hasil rapat itu pihaknya masih menunggu klasifikasi zonasi daerah Covid-19.

"Hasil rapat hari ini adalah kita belum menentukan, zona tetap dari kita. Kita masih mengumpulkan data per kelurahan/RT. Selanjutnya data itu dikumpulkan ke kecamatan sampai Jumat ini, dengan nanti diperbandingkan data kooperatif dari Dinas Kesehatan," kata Molen sapaan akrabnya, Kamis (6/5/202).

Menurut Molen, status zona ini sangat menentukan kebijakan yang akan diambil oleh Pemkot Pangkalpinang. Maka data-data jumlah pasien terkonfirmasi di setiap kecamatan sangat diperlukan.

"Hal ini untuk menentukan kebijakan dan langkah apa yang harus kita ambil," ucapnya.

Kemudian, tambah Molen, sesuai arahan pemerintah pusat, masyarakat dilarang untuk melakukan mudik ke luar daerah.

Dalam hal ini, Pemkot Pangkalpinang mengambil kebijakan, apabila menjelang lebaran ada yang mudik ke Kota Pangkalpinang saat dilakukan tes hasilnya positif, maka langsung dikarantina.

"Menjelang lebaran ada yang mudik ke Kota Pangkalpinang jika hasilnya positif, maka akan langsung dikarantina di Hotel Jati Wisata. Jadi langsung kita kurung," tukasnya.

Lanjutnya, berdasarkan kebijakan Mendagri  dipastikan kegiatan berbuka bersama di luar rumah dilarang dan seluruh pejabat atau ASN, untuk tidak melakukan halal bihalal dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

“Jadi kita belum menentukan zona apa, kita masih menunggu data-data dari pihak RT. Senin depan kita umumkan," tandasnya. (BBR)


Penulis : Gusti Randa

Editor   : Kasmir