Muhiba Alam Bersama APSI Babel dan PT Inhutani V Unit Bangka Tanam Sorgum

Irwan
Muhiba Alam Bersama APSI Babel dan PT Inhutani V Unit Bangka Tanam Sorgum

BELINYU, BABELREVIEW.CO.ID -- Petani mandiri, Muhiba Alam bersama dengan Penggiat Asosiasi Petani Sorgum Indonesia (APSI) Provinsi Bangka Belitung dan PT Inhutani V Unit Bangka melakukan penanaman perdana di Desa Bukit Kurung, Belinyu, Kamis (21/1/2021).

Hal ini akan terus digiatkan di seluruh pelosok daerah melalui program budidaya tanaman sorgum sebagai alternatif sumber makanan alternatif dan sekaligus menjaga ketahanan pangan nasional.

Ketua Penggiat Asosiasi Petani Sorgum Indonesia (APSI) Provinsi Bangka Belitung, Dedi Hartadi mengatakan bahwa lahan yang ditanam bibit sorgum adalah lahan konsesi milik PT Inhutani V Unit Bangka yang dimitrakan kepada Muhiba Alam.

"In Shaa Allah jika disini sudah dicanangkan sebagai sentranya tanaman sorgum sehingga nantinya akan didirikan pabriknya. Saya sebagai konsultannya mengucapkan banyak terimakasih atas respon para petani, dan ini bisa dijadikan suatu peluang mitra dengan membuka pekerjaan baru. Kami meminta dukungan dari seluruh elemen agar projek ini dapat berjalan lancar," ujarnya.

Ia melanjutkan ucapan terimakasih kepada PT. Inhutani V Unit Bangka atas pemberian kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan penanaman secara legal.

Diharapkan PT Inhutani V Unit Bangka dapat menjadi contoh si Provinsi Bangka Belitung.

"Bagi masyarakat yang ingin bergabung menanam sorgum dapat langsung koordinasi dengan Muhiba yang nantinya bernaung dalam satu wadah. Jadi bagi petani tidak perlu merasakan khawatir untuk menanam sorgum, karena kami berikan jaminan dari hulu sampai hilirnya," tegas Deddi Hartadi.

Kemudian Kepala PT Inhutani V Unit Bangka, Hendriansyah menyampaikan selaku pemegang ijin lahan kawasan hutan sangat menyambut baik apabila mitra Inhutani dapat meningkatkan kesejahteraan dan mengembangkan masyarakat sekitar.

"Contohnya yang saat ini terjadi, adanya jalinan kerjasama antara petani dan APSI yang mudah mudahan dapat berkembang menjadi besar. Kami akan semaksimal mungkin akan membantu dan bahkan akan ikut mengembangkan, karena masih banyak lahan yang bisa dikembangkan," katanya.

Menurutnya hal ini merupakan suatu ide atau inovasi yang harus terus dikembangkan agar masyarakat semakin terbantu dalam sisi perekonomian.

Dengan adanya kerjasama antar mitra dan APSI yang terjalin tersebut dapat berdampak pada bertambahnya kemitraan dari masyarakat lainnya.

"Kepada APSI semoga tetap berkomitmen pada kesejahteraan masyarakat, khususnya yang beraktivitas di lahan konsesi hutan produksi. Dan yang pastinya, kerjasama yang legal," tegasnya.

Sementara itu, Muhiba Alam pada kesempatan tersebut menuturkan untuk tahap awal ini akan menanam bibit sorgum di lahan seluas 10 hektar dari 18 hektar yang tersedia dan telah diberikan kemitraan oleh PT Inhutani V Unit Bangka.

"Saya sangat banyak terimakasih kepada APSI Provinsi Bangka Belitung dan PT. Inhutani V Unit Bangka yang telah bersedia membantu sehingga bisa terlaksananya kegiatan penanaman perdana bibit sorgum ini. Apresiasi juga atas kehadiran Perwira Pengubung Kodim 0413 Bangka, Danramil Belinyu, Babinsa, Lurah Air Jukung dan masyarakat lainnya," ucapnya.

Lebih lanjut, Muhiba Alam mengharapkan agar apa yang telah dilakukan tersebut dapat bisa membantu ekonomi masyarakat khususnya di Kecamatan Belinyu.

"Mudah-mudahan apa yang telah direncanakan dan dikerjakan ini bisa berjalan lancar, semoga saja nantinya disini dapat didirikan pabrik pengolahan sorgum sehingga tercipta lapangan pekerjaan bagi masyarakat Belinyu," pungkasnya. (BBR)

Laporan: Ibnu

Editor: Irwan