Mulai Jumat 20 Maret 2020 Ini, Siswa SMA Kelas X dan XI se Bangka Belitung Belajar Online Di Rumah

Ahada
Mulai Jumat 20 Maret 2020 Ini, Siswa SMA Kelas X dan XI se Bangka Belitung Belajar Online Di Rumah
Ilustrasi. (Ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID  -- Seluruh rakyat Indonesia diminta untuk bergotong royong menghambat penyebaran virus corona alias covid-19. Virus yang tiga bulan ini menyerang seluruh negara di dunia, membuat seluruh masyarakat dunia berusaha menghentikannya.
Salah satu cara yang dipilih Indonesia saat ini adalah dengan melakukan pembatasan jarak antar manusia, atau biasa disebut social distancing. Guna mengaktifkan kebijakan social distancing inilah, Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengambil sikap untuk meliburkan aktivitas belajar dan mengajar di sekolah tingkat SMA se Bangka Belitung.
Kebijakan meliburkan kegiatan belajar ini akan dimulai Jumat (20/3/2020) hingga Jumat (27/3/2020) mendatang.
 Selama satu minggu ini siswa kelas X dan XI akan melakukan pembelajaran di rumah melalui sistim online.
Kebijakan ini dituangkan dalam surat edaran Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Surat yang ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Babel Muhammad Soleh ini ditujukan kepada Kepala SMA/SMALB Negeri dan swasta se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Dalam surat bernomor 421/472/Disdik tersebut disebutkan bahwa menindaklanjuti Surat Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung No 443.1/434/DISDIK tanggal 17 Maret 2020, perihal Instruksi Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) pada pelaksanaan UN dan kegiatan belajar mengajar pada satuan pendidikan, serta memperhatikan kegiatan ujian sekolah (US) susulan dan kegiatan pengkoreksian hasil US siswa tahun Pelajaran 2019/2020, untuk itu diminta kepada Kepala Sekolah SMA se Bangka Belitung agar menginstruksikan siswa kelas X dan XI dapat melakukan pembelajaran di rumah melalui sistim online pada tanggal 20-27 Maret 2020. Sementara itu bagi siswa kelas XII tetap masuk seperti biasa guna memperdalam materi dan pengayaan untuk menghadapi UNBK.
 Untuk pembelajaran di rumah bagi siswa kelas X dan XI, Kepala Sekolah diminta menginstruksikan kepada guru mata pelajaran untuk memberikan tugas mandiri atau tugas lainnya kepada para siswa.
Sementara itu hasil pembelajaran online yang dilaksanakan guru dan siswa ini nantinya harus disampaikan ke Bidang Pembinaan  SMA Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada 3 April 2020 mendatang.
Mendapatkan informasi liburan ini, Usama salah satu siswa SMA kelas X, mengaku senang. Alasannya, dengan adanya berita tentang virus corona ini membuat dirinya khawatir jika berada di tempat keramaian.
"Kami kan bisa belajar di rumah. Saat ini kan sudah serba online, jadi kami juga bisa belajar jarak jauh. Daripada kita kahwatir tertular, lebih baik kita belajar dengan sistim online ini," tukas Usama.
Selain itu, kata Usama, meski kondisi adanya pembatasan berkumpul dengan banyak orang saat ini, dirinya tetap berkomunikasi dengan kawan-kawan sekelas maupun satu sekolah secara intens.
"Kami kan ada Grup WA kelas dan Grup WA sekolah. Jadi masih bisa berkomunikasi dan ketawa-ketawa," ujarnya. (BBR)
Laporan: @hada