Mulkan : Kabupaten Bangka Salah Satu Kabupaten yang Cepat Lakukan Pergeseran DID untuk Covid-19

Ibnuwasisto
Mulkan : Kabupaten Bangka Salah Satu Kabupaten yang Cepat Lakukan Pergeseran DID untuk Covid-19
Bupati Bangka Mulkan SH MH saat diwawancarai di Rumah Dinas Bupati, Selasa (16/6/2020). (Foto.Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Bupati Bangka Mulkan SH MH mengatakan jika Kabupaten Bangka merupakan salah satu kabupaten yang bertindak cepat dalam melakukan pergeseran anggaran DID guna penanganan Pandemi Covid-19.

Oleh sebab itu Pemerintah Kabupaten Bangka menerima transfer pertama dari pemerintah pusat dalam melakukan penanganan penyebaran wabah virus corona.

Saat ini di Kabupaten Bangka sudah terdapat kasus Covid-19 sebanyak 57 orang yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat. Menurutnya, hal ini harus secara bersama-sama ditangani.

"Hari ini kita mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial RI berupa APD dan dari PT. Bangka Asindo Agri berupa berasa dan tepung tapioka. Semua bantuan itu untuk kepentingan penanganan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19," ujarnya, Selasa (16/6/2020).

Lebih lanjut Mulkan menegaskan untuk di Provinsi Bangka Belitung baru 3 kabupaten kota yang mendapatkan dukungan bantuan dari pemerintah pusat. Tiga kabupaten tersebut adalah Pemkab Bangka, Pemkab Bangka Barat dan Pemkot Pangkalpinang.

"Kita mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat mungkin karena ada lonjakan kasus Covid-19 sehingga memerlukan penanganan yang intensif dibandingkan dengan kabupaten lainnya yang ada provinsi Bangka Belitung. Kita saat ini paling banyak melakukan pemeriksaan rapid test dan swab terhadap masyarakat terutama bagi masyarakat yang pernah melakukan kontak langsung kepada pasien, ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kontak sekunder kepada masyarakat lainnya," terangnya.

Dalam menghadapi kondisi saat ini, ia menghimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Dan sementara itu pihaknya akan terus menerus melakukan sosialisasi tentang penggunaan masker dan pemahaman yang lainnya kepada masyarakat.

"Mari kita jaga bersama-sama kebersihan lingkungan, kesehatan diri dan keluarga. Bagi masyarakat yang nantinya tidak patuh akan anjuran dan instruksi dari pemerintah akan kita berikan sanksi indisipliner," pungkasnya. (BBR)


Penulis : Ibnu

Editor :

Sumber : Babel Review