Musani Lirik Potensi Pajak Gedung Walet Guna Tingkatkan PAD Basel

Irwan
Musani Lirik Potensi Pajak Gedung Walet Guna Tingkatkan PAD Basel
Musani, Anggota DPRD Bangka Selatan

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID -- Anggota DPRD Bangka Selatan (Basel) yang juga Ketua Fraksi Keadilan Sejahtera Kebangkitan Bangsa (F-KSKB) Musani memberi masukan kepada Pemkab Basel terkait Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak gedung walet, Selasa (16/3/2021).

Menurut Politisi PKS ini, PAD dari walet saat ini sangat kecil sedangkan potensi objek gedung dan hasil dari walet sangat banyak.

"Hal ini tidak sesuai dengan hasil retrebusi yang diterima Pemda Basel. Gedung walet yang ada di seluruh wilayah Basel dipekirakan sebanyak 160 gedung. Ada gedung walet sudah menghasilkan dan sebagian belum menghasilkan," ungkapnya.

Dijelaskannya, jika satu gedung rata-rata dipungut Rp 1 juta per sekali panen atau per tiga bulan maka Pemda Basel berhasil mendapatkan potensi PAD sebesar kurang lebih 640 juta pertahun hanya dari gedung walet.

"Tapi itu semua harus ada kebijakan pemda untuk mempermudah izin mendirikan sarang burung walet. Jangan sampai pemda mempersulit," katanya.

Diakuinya, kesan perizinan yang rumit Pemda Basel selama ini membuat pengusaha malas untuk mengurus perizinan.

"Kalau kita ingin meningkatkan PAD maka kita juga harus mempermudah perizinannya," katanya.

Ia berharap, bupati baru untuk menggenjot PAD dari sarang burung walet ini dan hilangkan budaya birokrasi yang berbelit-belit hingga menyulitkan pengusaha. (BBR)

Laporan: Andre

Editor: Irwan