Nambang di Hutan Produksi, IS Diringkus Reskrim Polres Bateng

Kasmirudin
Nambang di Hutan Produksi, IS Diringkus Reskrim Polres Bateng
Kasat Reskrim Polres Bangka Tengah, AKP Rais Muin. (Foto: Faisal)

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Satuan Reskrim Polres Bangka Tengah mengamankan satu orang yang diduga terlibat dalam tindak pidana penambangan timah ilegal di kawasan hutan produksi (HP) di aliran Sungai Rasau Desa Keretak Bawah, Kecamatan Sungai Selan pada Minggu (28/2/2021).

Penangkapan pelaku IS (44) yang merupakan warga Desa Keretak Bawah tersebut, setelah dilaporkan melakukan aktivitas pertambangn tanpa dilengkapi IUP, IPR, dan IUPK sebagaimana dimaksud dalam pasal 158 UU No. 03 Tahun 2020 tentang perubahan atas UU No 04 Tahun 2009 Tentang Mineral dan Batubara.

Dikonfirmasi babelreview.co.id, Kapolres Bangka Tengah, AKBP Slamet Ady Purnomo melalui Kasat Reskrim AKP Rais Muin membenarkan penangkapan penangkapan pelaku pada Senin (1/3/2021) sekira pukul 12.30 WIB.

“Benar kami telah menangkap IS setelah diduga melakukan melakukan aktivitas pertambangan tanpa dilengkapi IUP, IPR, dan IUP di lokasi berstatus HP,"ujar Kasat Reskrim, Selasa (2/3/2021).

Ia menyampaikan, saat ini pelaku beserta barang bukti sudah dibawa dan diamankan di Mapolres Bangka Tengah untuk bahan Penyelidikan dan Penyidikan Lebih lanjut.

"Untuk pelaku IS dan barang bukti sudah kita amankan, namun masih ada satu lagi pelaku berinisial J berstatus DPO yang saat ini sedang dalam pengejaran,” pungkasnya. (BBR)


Penulis : Rhamdan

Editor   : Kasmir