Nico Sampaikan 10 Rekomendasi DPRD Untuk Pemprov Babel

Ahada
Nico Sampaikan 10 Rekomendasi DPRD Untuk Pemprov Babel
Wagub Babel Abdul Fatah mewakili Gubernur Babel Erzaldi Rosman mengikuti Sidang Paripurna di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Kepulauan Babel, Rabu (17/6/2020). (Ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar rapat paripurna terkait penyampaian rekomendasi DPRD terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (LHP BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Kepulauan Babel tahun 2019. 

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Kepulauan Babel, Rabu (17/6/2020).

Dalam rapat paripurna kali ini Ketua Pansus Nico Plamonia menyampaikan hasil kerja pansus dan sebanyak 10 rekomendasi harus ditindaklanjuti oleh pemprov.

Rekomendasi tersebut terdiri dari temuan atas pemeriksaan keuangan BPK RI, temuan rekening di beberapa OPD, permasalahan aset, permasalahan pendapatan atas kekayaan negara, permasalahan absensi, administrasi pajak, masalah hibah, pemberhentian PNS, dan temuan atas kepatuhan.

Atas semua itu, melalui paripurna ini, Pemprov Kepulauan Babel telah melaksanakan hal tersebut secara menyeluruh, sebagaimana yang disampaikan dalam sambutan Gubernur Erzaldi dalam sidang paripurna.

Gubernur Erzaldi dalam sambutan yang dibacakan oleh Wagub Abdul Fatah menjelaskan tentang pembacaan rekomendasi DPRD atas tindak lanjut laporan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan Pemprov Kepulauan Bangka Belitung tahun anggaran 2019, yaitu: 

1. Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman telah menyampaikan surat teguran ke masing-masing OPD terkait temuan atas pemeriksaan BPK RI tahun anggaran 2020 untuk segera menyelesaikan tindak lanjut temuan LKPD Pemprov Kepulauan Babel.

2. Atas permasalahan rekening pada beberapa OPD, Gubernur Erzaldi telah mengintruksikan OPD terkait untuk melakukan inventarisasi  seluruh rekening yang dibuka atas nama Pemprov Babel pada seluruh bank yang digunakan oleh OPD dan mengajukan penetapan atas tujuh rekening dengan keputusan kepala daerah.

3. Atas permasalahan persediaan, pada semester satu tahun 2020, Pemprov Babel  telah mengunakan aplikasi persediaan online secara realtime dengan data terpusat dan telah diterapkan ke masing–masing OPD.

4 .Atas permasalahan aset, Gubernur Erzaldi telah mengintruksikan OPD terkait untuk melakukan review dan identifikasi  permasalahan aset baik secara online maupun manual, mengoptimalkan pengurus barang pada OPD terkait dengan mencatat aset, melakukan monitoring validitas informasi-informasi  terhadap barang yang dikelola.

No 5: Gubernur telah menginstruksikan..

  • Halaman
  • 1
  • 2