Nikmati Kue Tradisional Kekinian Ala VA kuliner

Admin
Nikmati Kue Tradisional Kekinian Ala VA kuliner
Foto:Vigest

PANGKALPINANG, BABEL REVIEW— Hingga kini makanan tradisional, khususnya kue-kue tradisional, tetap banyak diminati dan dicari keberadaannya. Kue-kue klasik khas Bangka seperti jongkong, lapis sagu, dan sebagainya masih terus bertahan di tengah maraknya kemunculan kue-kue modern. VA Kuliner, salah satu usaha kuliner di Pangkalpinang yang  banyak membuat kue-kue tradisional dengan sentuhan kekinian dapat menjadi alternatif bagi Anda yang sedang merindukan cita rasa kue-kue tradisional.

Lewat sentuhan inovatif sang owner, Virda Asso (44), kue-kue tradisional produk VA Kuliner tampil dengan berbagai inovasi baik pada tampilan atau cita rasa. Memanfaatkan komoditas pangan seperti ubi jalar,  pandan, dan jagung sebagai bahan baku, Virda sukses mengkreasikan aneka kue tradisional dengan cita rasa yang lebih enak.

“Saya melihat peluang dari kue basah khas Bangka ini, kemudian saya cobacoba mengkreasi beberapa kue dengan mengganti bahan baku lalu memberanikan diri menjajakannya. Awalnya masyarakat agak aneh dengan tampilan warna kue basah yang tidak biasa ini, namun setelah dicoba alhamdulillah saya menerima banyak  testimoni postif dan mulai kebanjiran pesanan,” ujar Virda.

Memilih menyeriusi bidang kuliner kue basah tradisional ternyata bukanlah tanpa alasan. Bagi Virda, Bangka Belitung kaya akan kulinernya yang nikmat dan beragam. Namun, selama ini eksistensi kue tradisional masih belum terlalu menonjol.

Untuk itu lewat kreativitasnya ia menciptakan kue tradisional khas yang unik agar dapat tetap eksis dan tidak kalah dengan kue-kue modern yang saat ini tengah hype diserbu konsumen. “Saya ingin mengangkat kekayaan daerah Bangka lewat inovasi kue khas tradisionalnya dengan tampilan unik yang belum pernah ada di pasaran, namun juga tetap mengedepankan citarasa yang tak terlupakan,” tutur Virda. Penganan kue tradisional  kekinian yang dikreasikan Virda diantaranya adalah klepon, pelite, lapis sagu, talam, gandus ebi, yet-yet, dan tumpi silung.

Tak hanya mengganti bahan baku utama dengan komoditas pangan sehat, dirinya juga menciptakan varian beragam agar semakin memanjakan lidah konsumen. Diungkapkan oleh Virda, penganan kue tradisional  yang paling diminati pelanggan ialah penganan pelite.

Pelite merupakan salah satu kue khas tradisional Muntok yang terbuat dari tepung beras, santan dan gula putih yang dikukus menggunakan daun pandan yang dibentuk seperti sampan (persegi panjang). Rasanya yang manis dan bertekstur lembut membuat siapa saja ketagihan menikmati kue yang juga disebut-sebut sebagai kue kegemaran Ir. Soekarno sewaktu  diasingkan di Kota Muntok,  Bangka Barat tersebut.

“Pelite termasuk kue yang agak langka, paling ada saat bulan puasa dan memang belum banyak yang buat di sini (Pangkalpinang), kalau mau beli biasanya harus ke Muntok dulu,” kata Virda.  Pelite yang dikreasikannya pun memiliki aneka toping seperti orginal, keju, jagung, nangka dan durian yang tentunya semakin menggugah selera siapa saja yang menikmatinya.

Tak hanya membuat kue basah tradisional, ternyata Virda juga menerima pesanan penganan unik lain, yakni nugget jagung dan tumpeng nasi dengan campuran ubi jalar(bijur  ungu). Diungkapkan Virda, animo masyarakat  terhadap kue tradisional kekiniannya sangat terasa. Ia kerap dibanjiri pesanan apalagi pada saat bulan-bulan puasa.

Pelanggan kuenya pun berasal dari berbagai kalangan yang tidak hanya di daerah Bangka saja, tetapi juga di luar kota. Kini, kue tradisional buatannya kerap digunakan sebagai kue yang disajikan untuk tamutamu/kolega luar Bangka serta sebagai perwakilan penganan khas Bangka dalam event-event pameran kuliner yang diadakan diberbagai kota. Ia juga mengaku bahwa kue khas tradisional VA Kuliner miliknya telah mempunyai hak paten.

“Kisaran harga yang ditawarkan untuk setiap jenis kuenya dimulai dari 2 ribu rupiah per butir atau 12ribu - 25 ribu rupiah per box dan 75 ribu per loyang. Tentunya masih amat terjangkau dan sesuai dengan tampilan dan rasa yang kami tawarkan,” tutur Virda. Senjata promosi berupa facebook, whatsapp, dan instagram digunakannya untuk mengenalkan kue tradisional kekiniannya tersebut kepada khalayak. Untuk memesan Anda dapat langsung menghubungi owner di nomor whatsapp 0812-7364-1974. (BBR)


Penulis : Vigest
Editor   : Sanjay
Sumber : Babelreview