Nurita: Ada Kekerasan Terhadap Anak Laporkan!

kasmirudin
Nurita: Ada Kekerasan Terhadap Anak Laporkan!
Kepala Dinas DPPKBPPPA Bangka, Nurita. (foto:Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) menjelaskan, tentang forum anak yang sudah terintegrasi di sela sela pendeklarasian Forum Anak di Kantor Kecamatan Sungailat, Kamis (21/3/2019).

Kepala Dinas DPPKBPPPA, Nurita menerangkan, untuk setiap kejadian kekerasan terhadap anak selalu dilaporkan. Jika tidak terjadi kekerasan tidak dilaporkan.

“Terkait dengan Forum Anak, untuk seluruh sektor sudah terintegrasi, seperti Puskesmas ramah anak, sekolah ramah anak semua program sudah terhubung dari tingkat kabupaten, kecamatan dan desa,” jelasnya.

Nurita berharap, peran para orang tua kepada anak harus lebih intensif. Karena adanya pengaruh global dan kemajuan jaman saat ini.

Mengenai jumlah kekerasan anak bulan ini, dijelaskan oleh Boy Yandra selaku Sekretaris DPPKBPPPA, bahwa sampai bulan Maret ini sudah ada 3 laporan. Untuk frekuensi dibandingkan 3 bulan kemarin mengalaminya peningkatan.

“Kita melakukan upaya berharap kepada orang tua, bagaimana cara menyingkapi dan menjaga anak secara maksimal. Salah satu caranya, jika anak ada penambahan pelajaran di sekolah, sebaiknya orang tua sesekali datang ke sekolah untuk mengetahui kondisi saat kegiatan tersebut,” tuturnya.

Boy Yandra mengatakan, bahwa kasus kekerasan anak di bulan ini semua berada di lingkungan sekolah dan semuanya laki-laki. Maka dari itu ia mengimbau kepala sekolah untuk mengawasi guru-guru yang memberi tambahan pelajaran di luar jam belajar.

“Saat ini kita sedang gencar-gencarnya menggalakkan sosialisasi tentang KDRT, pelecehan seksual dan pembentukkan FPKDRT di tingkat kecamatan sampai desa. Saya berharap para orang tua membuka komunikasi yang baik kepada anak, dengan begitu anak akan terbuka dan terhindar kekerasan dalam anak,” tukasnya. (BBR)


Penulis  : Ibnu                                               
Editor    : Kasmir
Sumber  : Babel Review