Ombudsman Bangka Belitung Harap Sobat Ombudsman Berperan Aktif

kasmirudin
Ombudsman Bangka Belitung Harap Sobat Ombudsman Berperan Aktif
Ombudsman RI Perwakilan Bangka Belitung melakukan pelatihan bagi Sobat Ombudsman dengan tema “Pendampingan Pelaporan Pelayanan Publik” di Hotel Cordela Pangkalpinang, Selasa (2/10/2019). (Foto: Gusti)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Ombudsman RI Perwakilan Bangka Belitung kembali melakukan pelatihan (Training of Trainers) bagi Sobat Ombudsman dengan tema “Pendampingan Pelaporan Pelayanan Publik” di Hotel Cordela Pangkalpinang, Rabu (2/10/2019).

Plt. Kepala Perwakilan Ombudsman Bangka Belitung, Nugroho Andriyanto dalam sambutannya, mengharapkan bagi setiap Sobat Ombudsman yang diberikan pelatihan lebih proaktif, dalam menyampaikan pengaduan dan dapat memberikan pendampingan bagi masyarakat, yang hendak melaporkan pengaduan dalam pelayanan publik.

"Kami berharap setelah pelatihan bagi Sobat Ombudsman dengan tema “Pendampingan Pelaporan Pelayanan Publik”, para Sobat Ombudsman dapat lebih berperan aktif dalam mengadvokasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan pelayanan publik baik dengan melaporkan pengaduan ke penyelenggara maupun melaporkan ke Ombudsman. Pelatihan ini adalah pelatihan yang ketiga, sebelumnya Ombudsman sudah memberikan pelatihan-pelatihan kepada Sobat Ombudsman seputar, pelayanan publik dan Ombudsman RI" ujar Nugroho.

Dikatakannya, bentuk tindak lanjut pelatihan tersebut, Ombudsman Babel dan Sobat Ombudsman Babel akan melakukan serangkaian kegiatan berupa, pemantauan ke fasilitas-fasilitas pelayanan publik dan pendampingan pelaporan bagi masyarakat.

"Sobat Ombudsman ini adalah bentuk peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Kami berharap dengan adanya Sobat Ombudsman ini, masyarakat dapat lebih memahami hal-hal seputar pelayanan publik dan Ombudsman. Bahkan kalau ada masyarakat yang membutuhkan pendampingan dalam melaporkan pengaduan pelayanan publik, bisa melalui Sobat Ombudsman ," imbuh Nugroho.

Lanjut Nugroho, sebagai lembaga negara pengawas pelayanan publik, Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Bangka Belitung selalu berupaya maksimal dalam melakukan pengawasan seputar pelayanan publik. Masyarakat sebagai pengguna layanan dapat turut serta berperan aktif dengan membantu Ombudsman dengan menyampaikan pengaduan ke Ombudsman.

"Bagi masyarakat yang menemukan adanya dugaan penyimpangan dan pelanggaran dalam pelayanan publik jangan ragu melaporkan ke Ombudsman," tegas Nugroho. (BBR)


Penulis  : Gusti
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review