One Week One Event, Jadi Target Sektor Pariwisata Menuju Visit Bangka Belitung 2021

Ahada
One Week One Event, Jadi Target Sektor Pariwisata Menuju Visit Bangka Belitung 2021
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Bangka Belitung, Rivai, memimpin Rapat Koordinasi Forum Perangkat Daerah Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Bangka Belitung, di Hotel Bangka City, Rabu (12/2/2020). (Foto: ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Bangka Belitung, Rivai, memimpin Rapat Koordinasi Forum Perangkat Daerah Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Bangka Belitung, di Hotel Bangka City, Rabu (12/2/2020).

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Kabupaten/Kota se Babel. Pada kesempatan ini, Rivai menegaskan empat arah kebijakan pengembangan pariwisata Babel.

"Arah kebijakan tersebut yakni, pertama, peningkatan kuantitas dan kualitas SDM, ekonomi kreatif, peran serta masyarakat dan kelembagaan pariwisata; kedua, pengembangan standarisasi SDM dalam meningkatkan daya saing kepariwisataan daerah; ketiga, peningkatan kualitas, partisipasi, dan prestasi pemuda di berbagai bidang pembangunan, dan meningkatkan pengelolaan ke olahraga serta mengembangkan peran serta kebudayaan dalam mendukung pembangunan kepariwisataan; dan yang keempat adalah pembinaan hubungan industri dan kesehatan di sektor pariwisata," ungkap Rivai.

Lebih jauh lagi, Rivai mengatakan, bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah menyinkronkan program kegiatan Pemprov Babel dengan pemkab/pemkot di bidang kebudayaan dan pariwisata.

"Oleh karena itu, agenda kita pada rapat ini difokuskan pada penyelenggaraan event pariwisata, promosi pariwisata bersama, database kepariwisataan, kota kreatif, pelestarian budaya, dan pengembangan destinasi wisata," ungkap Rivai.

Terkait penyelenggaraan event, tidak lupa Rivai mendorong kreativitas tiap kabupaten/kota untuk menciptakan event mulai dari tingkat desa sampai ke tingkat provinsi.

 "Menuju Visit Bangka Belitung 2021, diharapkan Bangka Belitung bisa menyelenggarakan event tiap minggu. One Week One Event," ujar Rivai.

Diketahui penyelenggaraan rapat koordinasi ini, merupakan tindak lanjut dari hasil kesepakatan dalam Rapat Koordinasi Gubernur dengan Bupati/Walikota Tahun 2020 di Bangka Selatan yang salah satunya membahas tentang sinergisitas penyelenggaraan event di Babel.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi  Bangka Belitung, Rudy Mahardy, menambahkan bahwa kegiatan rapat ini diharapkan dapat menghasilkan kesepakatan serta sinergisitas program kegiatan dengan kabupaten/kota.

"Untuk mencapai kesepakatan dan sinergisitas program kegiatan dengan kabupaten/kota, maka dalam kegiatan ini kita akan membahas secara detail mengenai program kegiatan yang dapat kita sinergikan dalam pembahasan desk yang nantinya akan dibagi berdasarkan bidang," ungkap Rudy Mahardy.

Pada kegiatan ini, hadir sebagai nara sumber yaitu Kabid. Perekonomian dan Sumber Daya Alam Bappeda Provinsi Bangka Belitung, Andy Yusfany.

Kegiatan akan diakhiri dengan perumusan kesepakatan untuk dapat diimplementasikan ke dalam pelaksanaan program kegiatan tahun 2020 serta rencana kegiatan di tahun 2021 mendatang. (BBR)