Overload hingga 57 Orang, Polres Bateng Pindahkan Tahanan ke Rutan Polsek

faisal
Overload hingga 57 Orang, Polres Bateng Pindahkan Tahanan ke Rutan Polsek
Tahanan Polres Bateng saat dilakukan pengecekan suhu tubuh rutin guna mencegah penyebaran covid-19 . (Ist)

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Jumlah tahanan Polres Bangka Tengah sudah melebihi kapasitas atau overload sejak adanya pandemi virus corona atau Covid-19.

Informasi yang dihimpun oleh Babel Review, hingga Rabu (27/5/2020) Polres Bangka Tengah mengalami over kapasitas tahanan mencapai hingga 57 orang.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kasat Kahti Polres Bangka Tengah, Aipda Dedi Sudrajat yang mengatakan kalau penyebab overload karena tingginya tingkat kriminalitas selama pandemi covid-19.

"Selama pandemi covid-19, adanya peningkatan jumlah kriminalitas, ditambah dengan berlakunya surat edaran (SE) Kemunkumham yang menutup akses tahanan baru masuk Lapas sebagai upaya pencegahan penularan virus corona,"ujar Kasat Kahti atas Seizin Kapolres Bangka Tengah AKBP Slamet Adi Purnomo pada Rabu (27/5/2020)

Dikatakannya, adanya ketentuan dari Kemenkumham menyebabkan tahanan Polres saat ini mengalami overload hingga mencapai 57 orang, sehingga diputuskan beberapa tahanan dipindahkan karena ruangan yang sudah terlalu penuh

"Tahanan yang saat ini berada di Polres Bangka Tengah sudah mencapai 57 orang sedangkan kapasitas ruang tahanan polres hanya bisa menampung 20 hingga 25 tahanan, oleh sebab itu 12 tahanan diantaranya kita pindahkan ke tiga polsek yaitu Polsek Lubuk, Koba dan Namang,"terangnya.

Aipda Dedi menyebutkan, pemindahan ini guna mematuhi protokol covid 19 dimana kapasitas ruangan tahanan polres Bangka Tengah yang sudah terlalu penuh.

"Dengan penuhnya kapasitas ruangan, tidak mengurangi perhatian kami terhadap kesehatan para tahanan. Pemantauan kesehatan terus dilakukan secara ekstra guna mengantisipasi penularan virus corona ke dalam tahanan,”pungkasnya.


Penulis   : Faisal

Editor     : Admin03

Sumber  : Babel Review