Pamsimas Bantu Masyarakat Bangka Barat

kasmirudin
Pamsimas Bantu Masyarakat Bangka Barat
Sosialisasi program Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bangka Barat, di gedung Graha Aparatur Pemkab Bangka Barat, Senin (23/7/2018).(Foto:Buditio)

MUNTOK, BABELREVIEW -- Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPELITBANGDA) Kabupaten Bangka Barat, melaksanakan sosialisasi program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) se Kabupaten di gedung Graha Aparatur Pemkab Bangka Barat, Senin (23/7/2018).


Bupati Bangka Barat H. Parhan Ali mengungkapkan sosialisasi program PAMSIMAS III, ini terkait dengan kebutuhan dasar yaitu air minum. Sebelumnya air dianggap sebagai barang sosial yang diperoleh dengan cara yang mudah dan murah. Namun saat ini sudah menjadi komoditas yang sangat berharga.


"Melalui program PAMSIMAS inilah yang ditunggu-tunggu sebagai bentuk aksi nyata dalam penyediaan sumber air yang merupakan kebutuhan dasar yang sangat vital bagi manusia. Karena sekarang kualitas air semakin menurun diakibatkan kerusakan lingkungan,"ujar Parhan.


Pemerintah meluncurkan program PAMSIMAS yang didanai dari dana pusat, daerah dan dana masyarakat. Program ini merupakan salah satu dukungan terhadap agenda strategis pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui upaya pengetasan kemiskinan dalam penyediaan air minum dan sanitasi yang layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah.


"Program PAMSIMAS di Bangka Barat sudah dimulai sejak tahun 2016 sampai 2018, yang telah diikuti oleh 19 desa. Program ini menempatkan masyarakat sebagai sasaran dan pelaksana karena program PAMSIMAS ini berasal dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat,"tambahnya.

Selain Bupati Bangka Barat, Drs. H. Parhan Ali, MM, kegiatan ini juga dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, Drs. H. Yunan Helmi, M.Si, Asisten Pemerintahan dan Sosial, sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka Barat, Camat dan lurah, serta para kades se Bangka Barat dan Kelompok kerja air minum dan penyehatan lingkungan (AMPL).(BBR)


Penulis :Buditio
Editor   :Kasmir
Sumber :Babelreview