Panen Bawang Merah, Bupati Mulkan Dorong Komoditas Pertanian di Kabupaten Bangka

Irwan
Panen Bawang Merah, Bupati Mulkan Dorong Komoditas Pertanian di Kabupaten Bangka
Mulkan, Bupati Bangka

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Bupati Bangka Mulkan melakukan panen bawang merah sebanyak kurang lebih 500 kg di lahan demontration plot (demplot) milik Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka, Jumat (11/6/2021).

Ia mengatakan jika tanaman bawang merah sangat cocok dikembangkan dan sangat potensial dijadikan komoditas pertanian di Kabupaten Bangka.

Mulkan menjelaskan bahwa pihak pemerintah daerah telah menyiapkan langkah jangka pendek, menengah dan panjang dalam menggali potensi daerah di semua sektor yang ada.

Dengan menanam dengan sistem demplot ini menjadi contoh bag petani agar petani bisa melihat dan menerapkan apa yang telah dia lakukan.

"Ini merupakan program tahun 2020 yang lalu dan kami tindak lanjuti secara kontinu, tidak hanya sekedar seremonial saja. Bahwa pengembangan tanaman bawang merah ini bisa berhasil dan cocok di kembangkan di Kabupaten Bangka," jelasnya.

Dia mengharapkan hal itu dapat di manfaatkan oleh masyarakat sehingga dapat membantu dalam pemulihan ekonomi pasca wabah Covid-19. Dan Bupati berkeinginan pemulihan ekonomi ini bisa secepatnya terealisasi.

Mulkan memastikan jika Pemkab Bangka akan terus memberikan dukungan kepada petani yang ingin mengembangkan tanaman bawang merah maupun komoditi pertanian lainnya.

"Ini merupakan contoh bagi masyarakat, agar mereka kedepan mau mengembangkan budidaya bawang merah ini. Bawang merah ini merupakan program jangka pendek, karena usia tanam 6 bulan sudah bisa dipanen dan tidak memerlukan biaya yang cukup besar. Kalau untuk bibit, kami pemerintah daerah bisa membantunya, dan petani perlu pendampingan agar bisa berhasil," pungkasnya. (BBR)

 

Laporan: Ibnu

Editor: Irwan