Pantai Serdang Favorit Wisatawan, Di Sini Bisa Nikmati Kopi Manggar

Ahada
Pantai Serdang Favorit Wisatawan, Di Sini Bisa Nikmati Kopi Manggar
Pantai Serdang, salah satu objek wisata pantai yang terdekat di Kota Manggar, Kabupaten Belitung Timur. (pras/babelreview)
Pantai Serdang, salah satu objek wisata pantai yang terdekat di Kota Manggar, Kabupaten Belitung Timur. (pras/babelreview)
Pantai Serdang, salah satu objek wisata pantai yang terdekat di Kota Manggar, Kabupaten Belitung Timur. (pras/babelreview)

MANGGAR, BABELREVIEW.CO.ID -- Pantai Serdang menjadi salah satu objek wisata pantai yang terdekat di Kota Manggar, Kabupaten Belitung Timur.
Lokasi pantai ini sangat mudah dijangkau, baik menggunakan kendaraan motor maupun mobil.

Pantai ini memiliki halaman yang cukup luas, sehingga mobil wisatawan sangat mudah diparkirkan. Penataan pantai yang semakin baik dengan kehadiran rumah makan seafood di tepi pantai dan menghadap ke laut, semakin menjadi daya tarik bagi masyarakat lokal maupun wisatawan luar saat berkunjung ke pantai ini.

Pinggiran pantai cukup rindang dengan banyaknya pepohonan pinus. Begitu pula dengan souvenir berupa kerajinan dari cangkang kerang dan makanan camilan khas beltim seperti keripik sukun bisa diperoleh di kawasan pantai ini.

Tampaknya area ini juga dimanfaatkan kaum muda sebagai tempat camping yang cocok bagi mereka yang suka berpetualang atau sekedar rekreasi menjelajah tepi pantainya.

Fasilitas yang tersedia cukup mendukung dengan panggung hiburan, serta fasilitas terbaru berupa kursi santai lengkap dengan tenda payung dan kursi- kursi sebagai tempat bersantai dan berteduh bagi pengunjung.

Tempat sampah hingga toilet pun tersedia, sehingga kawasan pantai ini tampak bersih dan terawat.

Termasuk juga dukungan infrastruktur jalan yang memadai, membuat kawasan pantai ini mudah dilalui kendaraan.

Pantai berpasir putih dan bertekstur lembut serta lautnya nan biru dengan ombaknya yang tenang ini menjadi tempat yang tepat untuk menikmati sensasi sunset di waktu pagi.

Tak heran, jika Pantai Serdang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Belitung Timur yang juga menjadi asalnya Laskar Pelangi ini.

Selain pesona alamnya yang indah, deretan perahu tradisonal nelayan dengan perahu katernya yang berwarna- warni memberi pemandangan khas, saat berkunjung ke pantai yang banyak disinggahi para turis domestik maupun manca negara ini.

Apalagi berbagai kegiatan pameran dan aktivitas lainnya rutin digelar di lokasi ini, sehingga mampu menggoda wisatawan untuk menikmati nuansa alam laut yang teduh serta kenyamanan berkumpul dengan suasana yang santai dan tentunya menyenangkan.

Saat berakhir pekan, Pantai Serdang menjadi kawasan yang ramai pengunjung dengan panoramanya yang indah dan mengesankan.

Dayang, penjual souvenir dari cangkang kerang- kerangan dan makanan camilan Beltim kepada babelreview.co.Id, Minggu (27/12/2020) mengaku senang berjualan di Pantai Serdang ini, karena banyak menarik/ wisatawan.

“Saya dengar pantai ini akan ditata kembali menjad lebih bagus, namun tetap berharap bisa tetap berjualan di kawasan ini, karena kami juga menunjang sektor pariwisata dengan menyediakan oleh-oleh untuk wisatawan. Tujuannya agar ada barang yang dibawa pulang untuk kenang- kenangan. Sehingga usaha kami memberi dampak ekonomi pula,” ujarnya.

Athy, seorang warga Kota Manggar kepada babelreview mengaku sering berkunjung ke Pantai Serdang, karena lokasinya cukup dekat dari pusat kota.

“Selain pantainya yang indah dan nyaman, di sini pun banyak rumah makan yang bisa menjadi pilihan untuk bersantap. Dan tentunya Pantai Serdang cukup asyik sebagai tempat wisata bersama teman maupun keluarga. Di sini orang bisa menikmati aneka makanan tradisonal Belitung dan tak ketinggalan bisa ngopi khas Kota Manggar dengan cita rasa unik dan nikmat,” ujar Athy. (BBR)
Laporan: Pras