Partisipasi Warga Bangka Tengah Ikut Sensus Daring Terendah se-Babel

faisal
Partisipasi Warga Bangka Tengah Ikut Sensus Daring Terendah se-Babel
Tim BPS Bangka Tengah. (Foto: Faisal)

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Gencarnya sosiallisasi sensus penduduk secara daring (online) yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Bangka Tengah, kurang mendapat respon cepat warga Bumi Selawang Segantang.

Terbukti, sejak dibukanya pendaftaran sensus penduduk dengan metode daring pada 15 Februari 2020 lalu, tingkat partisipasi warga Bangka Tengah sangat rendah dengan target nasional sebanyak 23 persen.

Kepala BPS Bangka Tengah, Ir. Rizanal Mahmudin membenarkan partisipasi masyarakat Bangka Tengah untuk mendaftarkan diri melalui sensus daring ini masih sangat rendah.

“Hingga sampai saat ini, respon masyarakat untuk mengisi sensus daring bisa dikatakan sangat rendah, bahkan belum mencapai seperempat persen dari target nasional yang diberikan,” jelas Rizanal saat ditemui Babel Review di kantornya, Rabu (26/2/2020).

Ia mengatakan, jika dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di Bangka Belitung, Bangka Tengah menjadi yang terendah dalah hal partisipasi sensus daring ini.

"Salah satu penyebab rendahnya partisipasi masyarakat masyarakat dalam mengikuti sensus online ini bisa karena faktor jaringan yang belum masuk ke desa-desa atau pelosok,"ungkapnya.

Meski demikian, batas akhir pengisian sensus daring masih satu bulan lagi yaitu pada tanggal 31 Maret 2020, untuk itu ia berharap masyarakat Bangka Tengah bisa memanfaat sedikit waktu untuk mendaftarkan diri mengisi sensus daring.

"Kami optimis bisa mendekati target bahkan melewati, melihat rentan waktu pengisian sensus online yang masih sekitar satu bulan lagi, pungkasnya. (BBR)


Penulis  : Faisal 

Editor    : Admin03

Sumber : Babel Review