Pasar Malam di Petaling Kabupaten Bangka Kembali Beroperasi, Pemdes Bantah Keluarkan Izin

Ahada
Pasar Malam di Petaling Kabupaten Bangka Kembali Beroperasi, Pemdes Bantah Keluarkan Izin
Sekretaris Desa Petaling, Riduan. (Ist)

MENDOBARAT, BABELREVIEW.CO.ID--Aktivitas pasar malam di Desa Petaling Kecamatan Mendobarat, Sabtu (13/06/2020) malam, kembali beraktivitas setelah beberapa waktu lalu sempat dilarang terkait usaha pemerintah memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19 di desa setempat.

Terkait dibukanya kembali pasar yang beraktivitas setiap Sabtu malam tersebut, Pemdes Petaling melalui Sekdes Riduan, dihubungi BBR, Minggu (14/06/2020) membantah jika sudah mengeluarkan izin.

"Itu inisiatif para pedagang. Pemdes tidak ada mengeluarkan izin," ujar Riduan.

Dikatakan Riduan, begitu mengetahui adanya aktivitas pasar malam tersebut,  Pemdes Petaling dan Babinkamtibmas setempat,  Sabtu (13/06/2020) malam turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan.

"Dari pengecekan di lapangan, yang berjualan itu  banyak pedagang dari luar, dan tidak mematuhi protokol Covid-19. Ini menjadi PR kami," ujar Riduan.

Riduan berjanji akan melakukan koordinasi dengan dinas terkait untuk membahas masalah  tersebut.

"Kalau sudah ada kejelasan dari hasil koordinasi tersebut maka kami akan mengambil sikap tegas. Namun untuk sekarang, kita belum lakukan penertiban," ujar Riduan.

Ketua Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kecamatan Mendobarat, Hismunandar, dihubungi terkait aktivitas pasar malam di Desa Petaling tidak menjawab konfirmasi wartawan media ini.

Sementara di tempat terpisah Ketua Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Puskesmas Petaling, dr Nanky Probo Ayu Prawiro Sunu, dihubungi BBR Minggu (14/06/2020) sore mengimbau agar pengunjung dan pedagang tetap waspada terhadap penularan Covid-19 dengan cara patuh mengikuti protokol kesehatan.

"Saya imbau untuk selalu pakai masker. Bawa hand sanitizer atau sabun untuk cuci tangan. Jaga jarak aman. Sepulang dari pasar segera mandi pakai sabun. Bersihkan barang belanjaan. Semoga kita selalu dilindungi Allah SWT dari segala wabah dan penyakit," harap Nanky. (BBR)

Laporan Ichsan Mokoginta Dasin