Pasien Covid-19 Meninggal, Pihak Keluarga Bersikeras Bawa Pulang Jenazah

Irwan
Pasien Covid-19 Meninggal, Pihak Keluarga Bersikeras Bawa Pulang Jenazah

BANGKA, BABELREVIEW.CO.ID -- Seorang pasien Covid-19 di Kabupaten Bangka kembali ada yang meninggal dunia dengan inisial S usia 68 tahun.

Pasien didiagnosa awal dengan gejala sesak nafas dan mempunyai tekanan darah tinggi.

Pasien masuk ke rumah sakit Safri Rahman pada tanggal 5 April 2021 pada pukul 20:15 WIB, setelah dilakukan perawatan yang bersangkutan meninggal pada pukul 22:15 WIB.

"Dokter dari rumah sakit sudah memberikan penjelasan sedetail mungkin kepada pihak keluarga apabila yang bersangkutan terpapar virus corona, tetapi pihak keluarga tidak menerimanya dan bersikeras untuk membawa pulang jenazah. Koordinasi sudah dilakukan oleh tim rumah sakit tetapi anggota keluarga tetap ingin membawa pulang," jelas Boy Yandra, Jubir Satgas Covid-19 Bangka, Selasa (6/4/2021).

Ia menambahkan bahwa jenazah dibawa pulang oleh pihak keluarga dengan diantar menggunakan mobil rumah sakit dan pada pagi harinya tim Covid-19 kecamatan dan kabupaten datang ke rumah yang bersangkutan untuk melakukan pengawasan proses pemandian jenazah.

Lebih lanjut Boy Yandra terangkan orang yang memandikan jenazah dilengkapi dengan baju pelindung sesuai SOP protokol kesehatan yang diberikan oleh Tim Puskesmas.

Kemudian orang yang memandikan jenazah akan dilakukan isolasi selama tiga hari.

"Kami bersyukur bagi orang yang memandikan dan menguburkan jenazah bersedia untuk dilakukan isolasi, dan di hari keempat akan dilakukan pemeriksaan swab. Kita sudah koordinasi dengan direktur Rumah Sakit Safri Rahman untuk menyiapkan peti jenazah khusus untuk pasien yang meninggal akibat Covid-19," pungkasnya. (BBR)

Laporan: Ibnu

Editor: Irwan