Pasien Positif Covid-19 di Babel Bertambah Menjadi 35, Kini Ada 21 Penghuni di Wisma Karantina

kasmirudin
Pasien Positif Covid-19 di Babel Bertambah Menjadi 35, Kini Ada 21 Penghuni di Wisma Karantina
ilustrasi.

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Gugus Tugas Covid-19 Bangka Belitung (Babel) menyampaikan info terkini perkembangan Covid-19 di Bumi Serumpun Sebalai, Rabu (20/5/2020).

Berdasarkan data yang diterima Gugus Tugas Babel, total selama dua hari ini sebanyak 6 pasien di Babel yang dinyatakan positif Covid-19. Artinya, ini menambah jumlah pasien positif menjadi 35 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Babel, Andi Budi Prayitno merinci 6 pasien yang dinyatakan positif tersebut tersebar di tiga daerah yakni Kabupaten Bangka, Bangka Tengah dan Kota Pangkalpinang.

Pertama, pasien berasal dari Kabupaten Bangka (Klaster Temboro), yakni pasien berinisial AM (12), berdomisili di Desa Merawang, Kabupten Bangka, dengan kondisi sehat.

Riwayat perjalanan yang bersangkutan dari Magetan ke Semarang pada tanggal 23 April,  Jakarta ke Pangkalpinang 24 April 2020.

Sebelumnya sudah melakukan rapid test tanggal 27 April dengan hasil nonreaktif dan PCR tanggal 11 Mei hasil positif. Kontak keluarga 4 orang. Semua sudah dilakukan swab pada 20 Mei 2020 dan posisi saat ini sudah berada di Wisma Karantina BKPSDMD Babel.

Selanjutnya, pasien SA (15), domisili di Sungailiat, Kabupaten Bangka, kondisi sehat.

Riwayat perjalanan yang bersangkutan dari Magetan ke Semarang pada tanggal 17 April, kemudian dilanjutkan Jakarta ke Pangkalpinang 17 April 2020. Kontak keluarga 4 orang. Semua sudah dilakukan swab pada 20 Mei 2020 dan posisi saat ini berada di Wisma Karantina BKPSDMD Babel.

"Sekarang, kedua pasien klaster Temboro sudah ditangani di Wisma Karantina Covid-19 BKPSDMD Babel, sejak dari 19 Mei 2020 malam," kata ABP sapaan akrab Andi Budi Prayitno.

Kedua, pasien positif asal kota Pangkalpinang, dengan rincian yakni pasien inisial M (55) , WNA Bangladesh, saat ini tengah dalam kondisi sehat dan ditangani di Wisma Karantina Covid-19 BKPSDM Babel mulai dari tanggal 9 Mei 2020, karena hasil rapid test reaktif.

Kemudian, pasien berinisial DM (31), kondisi sehat, ditangani di Wisma Karantina LPMP Kota Pangkalpinang.

Lalu pasien berinisial MM (62), kondisi sehat, berdomisili di Kecamatan Gerunggang Pangkalpinang, saat ini tengah diitangani di Wisma Karantina LPMP Kota Pangkalpinang.

Ketiga, pasien terbaru terkonfirmasi positif asal Kabupaten Bangka Tengah yakni pasien berinisial PS (34), laki-laki, Pangkalanbaru, Bangka Tengah, kondisi sehat dengan Hasil rapid test tanggal 15 Mei 2020 reaktif dan Ppengambilan swab tanggal 15 Mei 2020. Hasil 20 Mei 2020 dinyatakan positif.

Dengan tambahan pasien tersebut, ini artinya ada penambahan juga di wisma karantina, usai beberapa hari sebelumnya 16 pasien diperbolehkan pulang setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

"Untuk saat ini ada ada 21 pasien yang menghuni wisma karantina dengan rincian 5 pasien terkonfirmasi positif, 5 orang dalam pemantauan dan 11 orang tanpa gejala," pungkasnya. (BBR)


Penulis : Diko Subadya

Editor   : Kasmir