Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Bangka Bertambah Dua Orang

Ibnuwasisto
Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Bangka Bertambah Dua Orang
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Boy Yandra SKM. MPH. (Foto.Ist)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Boy Yandra SKM MPH menginformasikan terdapat dua orang dinyatakan positif Covid-19 inisial AM (15) warga Desa Pagarawan, Kecamatan Merawang dan SB (12) Warga Lingkungan Parit Padang, Kecamatan Sungailiat sesuai hasil swab yang keluar pada tanggal 19 Mei 2020.

Boy Yandra menerangkan pasien AM masuk ke Bangka pada tanggal 24 April 2020 dari pondok pesantren Temboro, Jawa Timur. Upaya yang dilakukan pertama kali adalah saat dilakukan test rapid hasilnya nonreaktif dan hasil swab pertama negatif, kemudian hasil swab kedua dinyatakan positif Covid-19. Kemudian SB masuk ke Bangka tanggal 17 April 2020 dari Pondok Pesantren Temboro, Jawa Timur kemudian dilakukan rapid test hasilnya nonreaktif, swab pertama hasilnya negatif tetapi swab yang kedua hasilnya positif Covid-19.

"Sampai hari ini Kabupaten Bangka ada 5 orang pasien yang sudah terkonfirmasi Covid-19 dan yang dua pasien sudah dinyatakan sembuh. Upaya yang langsung kita lakukan adalah dengan mengirim pasien AM dan SB untuk dilakukan karantina di Gedung Diklat Provinsi yang ada di Pangkalpinang," ujarnya, Selasa (19/5/2020).

Kemudian pihaknya melakukan tracking terhadap keluarga maupun orang-orang yang pernah melakukan kontak langsung kepada kedua pasien tersebut. Yang nantinya akan dilakukan pemeriksaan rapid test ataupun swab.

Lebih lanjut ia menegaskan Jadi saat ini Kabupaten Bangka mempunyai 4 cluster pasien Covid-19 yaitu cluster Gowa, Jakarta, Jawa Timur dan Lokal. Boy Yandra menghimbau kepada masyarakat untuk tidak memberikan stigma negatif kepada orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Tetapi harus memberikan motivasi supaya pasien dapat cepat sembuh dan menambah imun dari pasien.

"Gunakan masker seketika beraktivitas di luar rumah, jaga jarak dengan sekitar, cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir. Dan jangan lupa untuk berdoa," imbuhnya. (BBR)


Penulis : Ibnu

Editor : 

Sumber : Babel Review