Pasien Positif Covid-19 Di Kabupaten Bangka Bertambah 5 Orang, Total Menjadi 13 Kasus

Ibnuwasisto
Pasien Positif Covid-19 Di Kabupaten Bangka Bertambah 5 Orang, Total Menjadi 13 Kasus
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Boy Yandra SKM. MPH bersama dengan Kepala BPBD Kabupaten Bangka, Muhammad Nursi dan Danramil 0413-6/Sungailiat, Mayor Arh Daniel B Gala saat menggelar konferensi pers di Posko GTPP Covid-19 Pemkab Bangka, Rabu (3/6/2020). (Foto.Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Pemerintah Kabupaten, Boy Yandra kembali menggelar konferensi pers bersama dengan Kepala BPBD kabupaten Bangka, Muhammad Nursi dan Danramil 0413-6/Sungailiat, Mayor Arh Daniel B Gala di Posko GTPP Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Rabu (3/6/2020).

Boy Yandra menyampaikan adanya penambahan kasus pasien positif Covid-19 sebanyak 5 orang. Dengan inisial E (37) Bukit Betung, NG (48) Pemali, A (36) Pemali, DP (26) Pemali dan SB (37) Batu Rusa. Dan kelima pasien tersebut karyawan dari Kapal Keruk Singkep milik PT. Timah TBK.

"Jadi hari ini untuk di Kabupaten Bangka yang positif terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 13 orang. Yang 3 orang sudah dinyatakan sembuh dan yang lainnya masih menunggu swab lanjutan. Dan kita berharap dari yang 10 orang lainnya hasilnya negatif," ujarnya.

Sementara itu pihaknya akan melakukan upaya mengkarantina semua yang sudah dinyatakan positif Covid-19 di balai Diklat Provinsi Bangka Belitung. Dan semua puskesmas yang pernah melakukan kontak dengan pasien akan segera dilakukan swab yang dilakukan oleh PT. Timah Tbk.

"Dan untuk petugas medis dan paramedis sebanyak 7 orang hari ini akan dilakukan tes swab. Dan besok juga ada 8 petugas lainnya yang akan dilaksanakan pemeriksaan swab. Mohon bantuan dari semuanya untuk memberikan data yang selengkap-lengkapnya. Dan bagi masyarakat yang pernah melakukan kontak langsung maupun tidak langsung untuk melapor di puskesmas dimasing-masing wilayah," tegasnya.

Dengan melaporkan diri ke puskesmas, pihaknya berharap dapat segera memutuskan mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19. Selanjutnya Boy Yandra menerangkan hari ini ada sebanyak 4 orang yang hasil rapid testnya reaktif, dan melakukan isolasi mandiri dan akan selanjutnya akan dipasang gelang pantau.

"Upaya yang akan dilakukan oleh Tim GTPP Covid-19 Pemkab Bangka melalui Tim BPBD Kabupaten Bangka akan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lokasi 5 pasien yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 dan kita akan melakukan pemetaan di daerah Pemali," tuturnya.

Selanjutnya ia menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga jarak, wajib gunakan masker, cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir.

"Saya mengharapkan kepada masyarakat lainnya agar untuk tidak membully terhadap orang yang dinyatakan reaktif atau positif Covid-19. Berikan motivasi agar imunnya tetap baik dan bisa cepat sembuh. Dan yang terakhir, janganlah sekali-kali menyebarkan data yang bukan menjadi kewenangan, kita sudah kerjasama dengan Polres Bangka untuk menindaklanjuti bagi masyarakat yang menyebarkan data tersebut, karena kalau tidak segera ditangani akan membuat kecemasan ditengah masyarakat," pungkasnya.


Penulis : Ibnu

Editor :

Sumber : Babel Review