Pasien Positif Covid-19 Di Kabupaten Bangka Hari Ini Bertambah 1 Kasus

Ibnuwasisto
Pasien Positif Covid-19 Di Kabupaten Bangka Hari Ini Bertambah 1 Kasus
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Boy Yandra SKM MPH. (Foto.Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan GTPP Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Boy Yandra kembali memberitahukan untuk di Kabupaten Bangka tanggal 7 Juni 2020 terdapat penambahan 1 kasus pasien positif terkonfirmasi Covid-19 dengan inisial AAG (18) warga Kecamatan Sungailiat.

Menurut keterangan Boy Yandra, bahwa yang bersangkutan datang ke Bangka tanggal 21 April 2020 menggunakan pesawat Sriwijaya Air pukul 11:30 wib. Kemudian dilakukan tracking dan sambil swab pertama tanggal 21 Mei 2020 dan hasilnya negatif. Kemudian dilakukan kembali pemeriksaan swab yang kedua pada tanggal 2 Juni 2020 dan hasilnya keluar pada tanggal 6 Juni 2020 hasilnya didapat positif Covid-19.

Dan upaya yang telah dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangka yang pertama adalah melakukan tracking terhadap yang bersangkutan.

"Kita mencari orang-orang yang pernah melakukan kontak langsung maupun yang sekunder terhadap AAG. Kami menghimbau kepada masyarakat yang pernah kontak langsung dengan AAG untuk lapor ke Puskesmas Kenanga agar mendapatkan penanganan lebih lanjut apakah akan dilakukan rapid test ataupun swab," ujarnya, Minggu (7/6/2020).

Ia mengatakan jika AAG ini masuk dalam cluster Temboro. Hari ini kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dan BPBD Kabupaten Bangka melakukan pemeriksaan swab lanjutan di asrama sebanyak 27 orang. Dan untuk Puskemas Puding Besar melakukan rapi test masal sebanyak 87 orang.

"Dan besok kami akan melakukan pemeriksaan swab untuk 19 orang di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Bahrain Sungailiat Bangka. Kegiatan ketiga yang hari ini BPBD lakukan adalah dengan melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan di Kecamatan Pemali, dan yang keempat melakukan rapat penegakan disiplin protokol kesehatan di Kabupaten Bangka yang langsung dipimpin oleh Sekda Bangka," terangnya.

Tujuan dilakukannya rapat tersebut adalah untuk pelaksanaan di lapangan seperti mensosialisasikan kepada masyarakat yang masih belum menggunakan masker saat di luar rumah. Jika masyarakat masih tidak mematuhi himbauan akan dikenakan sanksi yang telah ditentukan.

"Jangan lupa menggunakan masker, jaga jarak sesuai SOP Covid-19 dan cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir. Dan kami menghimbau untuk tidak membully atau nilai yang negatif kepada pasien yang dinyatakan reaktif maupun positif Covid-19. Berikanlah motivasi agar dapat meningkatkan imun dan pasien dapat cepat sembuh," tukasnya.


Penulis : Ibnu

Editor :

Sumber : Babel Review