Pasokan Ikan Melimpah, Nelayan Manggar Harap Harga Tetap Stabil

Irwan
Pasokan Ikan Melimpah, Nelayan Manggar Harap Harga Tetap Stabil
Nelayan sedang berlabuh di Dermaga Laut Manggar. Foto: Pras

MANGGAR, BABELREVIEW.CO.ID – Pasokan ikan nelayan di Kota Manggar, Belitung Timur sat ini cukup melimpah.

Hal ini seiring cuaca membaik dan mulai banyak nelayan yang kembali melaut.

Seperti dikatakan Arif, seorang nelayan yang saat ditemui Babelreview.co.id sedang berlabuh di dermaga Pelabuhan Laut Manggar.

Menurutnya, cuaca sudah membaik setelah sebelumnya sempat kurang bersahabat, membuat nelayan kembali banyak yang melaut sehingga pasokan ikan saat ini melimpah.

“Meski hasil tangkan ikan kini melimpah tapi harga ikan di tingkat nelayan tidaklah bagus sehingga kami perlu perhatian agar harga ikan tetap stabil, sehingga hasilnya untuk bisa memenuhi kebutuhan keluarga kami,” ujar Arif, Kamis (19/11/2020).

Nelayan bagan ini mengaku biasa melaut sehari semalam dengan menempuh ke bagan bisa mencapai 1-2 jam perjalanan, sehingga perlu modal yang cukup lumayan.

Karenanya hasil tangkapan ikan yang nantinya dibagi oleh pemilik bagan sesuai dengan hasil penjualannya juga dipengaruhi oleh harga ikan di pasaran.

“Jadi kalau hasil ikan melimpah sementara harganya turun maka pendapatan nelayan juga agak berkurang. Kami berharap harga ikan bisa tetap stabil atau naik sehingga berharap pada pemda atau instansi terkait untuk bisa tetap menstabilkan harga ikan karena berpengaruh terhadap pendapatan nelayan di daerah ini,” terang Arif.

Nelayan yang sudah puluhan tahun melaut ini menambahkan, untuk saat ini tangkapan ikan lebih banyak pada ikan laisi dan sembulat. (BBR)

Laporan: Pras

Editor: Irwan