Pedagang di Pinggir Jalan Pasar Induk Pangkalpinang Diberi Surat Peringatan Pindah ke Pasar Kranas

Irwan
Pedagang di Pinggir Jalan Pasar Induk Pangkalpinang Diberi Surat Peringatan Pindah ke Pasar Kranas

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID — Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Perdagangan Pangkalpinang mengadakan rapat koordinasi dalam rencana penertiban dan penataan Pasar Induk bagi pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di pinggir jalan, Kamis (03/12/2020).

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan UMKM Pangkalpinang Donald Tampubolon menjelaskan, rapat koordinasi ini untuk menyiapkan pelaksanaan penertiban yang bekerja sama dengan Dinas Perhubungan dan Satpol PP Pangkalpinang.

“Sesuai dengan hasil rakor tadi, kita akan memberikan surat peringatan dulu kepada PKL agar mau pindah berjualan di Pasar Kranas atau tempat Pasar Ikan sekarang yang tidak terpakai,” ujarnya.

Donald mengatakan, para pedagang ayam dan ikan sebelumnya sudah disediakan lapak tersendiri untuk berjualan. Namun pedagang beralasan lapak yang sediakan sepi pembeli.

“PKL yang menjual ikan sama ayam sebenarnya sudah disediakan tempatnya, tetapi banyak yang keluar dan berjualan di pinggir jalan, jadi pedagang ingin lebih mendekati konsumen akhirnya ke pinggir jalan,” jelasnya.

Ia juga menyebutkan, pihaknya membuat surat peringatan serta mensosialisasikan terlebih dahulu kepada PKL, terkait tempat berjualan yang sudah ditetapkan oleh Pemkot Pangkalpinang.

“Dalam satu minggu ini masih kita sosialisasikan, nanti akan penindakan lebih lanjut bersama. Jadi mereka kita kasih waktu dulu untuk membongkarnya," katanya. (BBR)

Laporan: Gusti

Editor: Irwan