Peduli Industri Rumahan, Pemkab Bateng Tingkatkan Produktivitas Industri Rumahan Melalui Teknologi

Admin
Peduli Industri Rumahan, Pemkab Bateng Tingkatkan Produktivitas Industri Rumahan Melalui Teknologi

BANGKA TENGAH,BABELREVIEW.CO.ID-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA), menggelar Bimbingan Teknis Peningkatan Kualitas Keluarga dalam Bidang Ekonomi. Kamis (24/3/2022).

Bimtek yang diikuti oleh para pelaku industri rumahan ini, memuat tema Peningkatan Produktivitas Bagi Pelaku Industri Rumahan Melalui Teknologi Informasi.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Pemkab Bateng, Feri Prihatin Akbar, mengatakan secara kultural perempuan memegang peranan penting dalam keluarga maupun masyarakat. Sehingga Perempuan saat ini, turut andil terlibat dalam aktivitas ekonomi dimana mayoritas di antaranya memiliki usaha skala kecil.

“Di era saat ini apabila bisnis tidak mengikuti perkembangan teknologi, maka tidak akan maksimal karena begitu ketatnya persaingan. Teknologi informasi dapat menjadi alat bagi para pelaku industri rumahan dalam mengembangkan usahanya. Namun peran perempuan dalam perkembangan teknologi informasi masih minoritas,” ujar Feri.

Dikatakan Feri Akbar, setiap pelaku usaha rumahan dalam mencapai produktivitas wajib mendapatkan peningkatan perbaikan alat dan teknologi, atau peningkatan sumber daya manusia.

“Saya berharap kepada para peserta untuk turut berperan aktif selama pelaksanaan kegiatan bimtek ini. Semoga bimtek ini dapat meningkatkan kapasitas produksi dan kemampuan pelaku industri rumahan meningkat, diantaranya lewat perluasan jaringan kerja, pengelolaan usaha dengan manajemen keuangan yang baik, serta penambahan modal usaha bagi pelaku industri rumahan,” tuturnya.

Feri Akbar menjelaskan, sebagai Kepala Diskominfosta Pemkab Bateng, dirinya berpesan bahwa pihaknya akan membantu menyebarkan informasi. Serta berharap agar setiap desa, mengelola website desa sehingga bisa menyerbakan informasi usaha yang ada di desa.

“Juga harapannya kedepan kami sedang mengusahakan akses Wi-Fi di setiap desa agar memudahkan masyarakat mengembangkan teknologi informasi ini,” jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Subkor Pengarus Utamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan dari DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, narasumber Dr. Juhari, selaku dosen STIE Pertiba Bangka Belitung, dan peserta sejumlah 35 orang pelaku usaha rumahan dari perwakilan masing-masing kecamatan se-Bangka Tengah.

Penulis : Aqbal