Peduli Korban Banjir, Relawan Simpul Babel Bersama Dinsos Bangka Galang Bantuan Logistik

Irwan
Peduli Korban Banjir, Relawan Simpul Babel Bersama Dinsos Bangka Galang Bantuan Logistik

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Relawan Simpul Babel yang berada di Kabupaten Bangka turut melakukan aksi sosial dalam membantu korban bencana banjir yang ada di Kecamatan Sungailiat.

Ketua Simpul Babel Ujang Supriyanto mengatakan bahwa pihaknya merupakan bagian dari komponen masyarakat yang ada di Kabupaten Bangka harus turut berpartisipasi dalam penanganan bencana alam banjir.

Kejadian ini diperparah karena dibarengi dengan musibah mewabahnya pandemi Covid-19.

"Kami berusaha hadir untuk memberikan bantuan demi meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah dan pemerintah daerah. Kita saat ini mencoba menghimpun seluruh elemen yang ada di Kabupaten Bangka demi menggalang bantuan dalam bentuk logistik dan lainnya," jelasnya, Kamis (14/1/2021).

Saat ini pihaknya juga bergabung dengan Dinas Sosial Kabupaten Bangka guna mempersiapkan posko dapur umum bagi keperluan konsumsi para korban.

Ia menjelaskan bahwa dapur umum yang ada di Kantor Dinas Sosial Bangka akan menyiapkan makanan hampir 1.000 warga yang terdampak langsung musibah banjir.

"Kami disini hanya melakukan kegiatan penggalangan bantuan logistik, jadi bagi seluruh stakeholder dari manapun yang ingin memberikan bantuan logistik bisa langsung menyerahkan ke Kantor Dinas Sosial," tutur Ujang Supriyanto.

Pasalnya, saat ini ada beberapa relawan yang sudah tergabung di Posko Dapur Umum antara lain dari Tagana, Mahasiswa Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat, BPBD Kabupaten Bangka, Relawan Peduli Bangsa, Pramuka dan Simpul Babel.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya juga mengalami kendala teknis, tetapi apa yang bisa dilakukan akan dikerjakan seperti penggalangan logistik.

"Dengan cara inilah kami berharap posko ini bisa mobile dengan memberikan dan mendistribusikan makanan kepada para korban bencana banjir. Alhamdulillah, hari ini PT Timah Tbk melalui Wasprod Sungailiat telah memberikan dukungan logistik yang nantinya akan diolah dan disebarkan. Sesuai dengan data dari BMKG bahwa dalam waktu 4 hari kedepan curah masih tinggi, maka dari itu masyarakat harus tetap waspada," pungkasnya. (BBR)

Laporan: Ibnu

Editor: Irwan