Pegawai Disperindag Babel Dapat Sosialisasi Layanan QRIS

Kasmirudin
Pegawai Disperindag Babel Dapat Sosialisasi Layanan QRIS
Pegawai Dinas Perindustrian dan Perdagangan Babel mendapatkan sosialisasi layanan transaksi nontunai QRIS dari Bank SumselBabel, Kamis (8/4/2021). (Foto: Mislam)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Pegawai Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mendapatkan sosialisasi layanan transaksi nontunai Quick Response Code Indonesia Standar (QRIS) dari Bank SumselBabel.

Selain itu, pegawai Dinas  Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Babel juga mendapatkan pemahaman tentang pemasaran dan promosi produk UMKM melalui aplikasi, dengan pembayaran melalui QRIS.

Sosialisasi yang dilaksanakan secara terbuka di halaman  belakang kantor Disperindag Babel, Kamis (8/4/2021) berlangsung selama dua jam itu disambut antusias oleh para pegawai, bahkan ada sebagian pegawai berkonsultasi untuk memasarkan prodaknya sehingga nantinya dapat dibeli oleh konsumen dengan layanan QRIS.

Layanan transaksi nontunai QRIS yang di paparkan oleh Bank SumselBabel menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel, Sunardi sangat memudahkan para pegawainya untuk bertransaksi secara online sehingga meminimalisir terjadinya kontak langsung antara penjual dan pembeli di masa pandemi Covid-19.

“Aplikasi yang telah disampikan Bank SumselBabel yang di inisiasi oleh Dinas Koperasi dan UMKM Babel kepada para pegawai Disperindag, sangat memudahkan para pegawai dalam berteransaksi nontunai dan lebih aman untuk melakukan transaksi,” katanya.

Oleh sebab itu dengan adanya sosialisasi QRIS ini, dirinya mengharapkan para pegawainya dapat memanfaatkan program layanan QRIS dengan sebaik-baiknya. Sehingga nantinya para pegawai di lingkunganya mampu berteransaksi secara aman dan nyaman.

 “Melihat para pegawai sangat antusias, diharapkan para pegawai memanfaatkan program ini dengan baik,” tukasnya.

Sementara itu, M. Yasin dari Bank Sumselbabel menjelaskan, kegiatan sosialisasi pembayaran melalui QRIS ini, dalam rangka sinergitas antara Bank SumselBabel dengan Pemerintah Provinsi Babel, dalam hal pembayaran melalui sistem digital.

Menurutnya, layanan QIRS memiliki keuntungan bisa melakukan transaksi pembayaran dengan nominal kecil. Selain itu layanan QRIS dapat membantu mencegah peredaran uang palsu serta mempermudah sistem pembayaran antara penjual dan pembeli, salah satunya membeli prodak UMKM Babel.

Di tempat terpisah, Juaidi, Seksi Pengembangan, Penguatan, Perlidungan Usaha Kecil Dinas UMKM Babel menuturkan sosialisasi yang dilakukan pihaknya bersama dengan Bank SumselBabel kepada ASN di lingkungan Pemprov Babel, khususnya Disperindag Babel bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai transaksi atau berbelaja dengan mudah melalui sistem digital, salah satunya bisa berbelanja membeli produk UMKM Babel.

“Intinya layanan QRIS untuk mempermudah manajemen usaha sehingga dengan seperti itu penjual mengatahui transaksi omset usaha. Dinas kami menudukung karena lebih mudah,” tutupnya. (BBR)


Penulis: Mislam (Disperindag Babel)

Editor  : Kasmir