Pejabat Eselon II Banyak Kosong, Pemkab Bateng Segera Berkoordinasi ke Kemendagri

Kasmirudin
Pejabat Eselon II Banyak Kosong, Pemkab Bateng Segera Berkoordinasi ke Kemendagri
Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian seusai serah terima jabatan bupati dan wakil bupati, Senin (1/3/2021). (Foto: Faisal)

BANGKATENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian mengatakan pihaknya sedang mengerjakan pekerjaan rumah (PR) pertama, yakni terkait kekosongan pejabat di tingkat Eselon ll yang ada di Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah.

Usai serah terima jabatan di Gedung Serba Guna (GSG) Koba pada Senin (1/3/2021), Herry Erfian akan segera konsultasi dengan Setda dan Kemendagri guna melihat aturannya.

“Terkait kekosongan pejabat di tingkat Eselon ll, kita akan konsultasi dulu dengan Sekda dan juga Kemendagri, bagaimana aturan-aturan yang harus kami jalankan untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut,"ujarnya.

Diketahui, beberapa dinas di Pemkab Bangka Tengah mengalami kekosongan pejabat eselon II seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) dan dalam waktu dekat ini juga akan terjadi kekosongan juga di Dinas Pekerjaan Umum dikarenakan kepala dinasnya yang mendekati masa pensiun.

"Walaupun ada beberapa dinas terjadi kekosongan, kami juga tidak bisa melangkahi aturan yang ada. Secara aturan pengangkatan pejabat Eselon ll bisa dilakukan setelah enam bulan dari masa pelantikan dan itu tertuang dalam Undang-Undang ASN," jelas Herry.

Namun jika dalam kondisi mendesak mengharuskan ada pergantian, maka akan kita isi kekosongan tersebut dengan meminta izin dari Kemendagri.

“Tetap akan kita konsultasikan terlebih dahulu dan jika sudah mendapat izin dari Kemendagri, kami akan melelang jabatan di tingkat Eselon ll," pungkasnya. (BBR)


Penulis : Faisal

Editor   : Kasmir