Pekarangan Biru, Mahasiswa KKN UBB Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Untuk Ketahanan Pangan

Ahada
Pekarangan Biru, Mahasiswa KKN UBB Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Untuk Ketahanan Pangan
Tim KKN UBB Desa Banyuasin Kecamatan Riau Silip melaksanakan salah satu program kerja pekarangan biru, sebuah program yang menawarkan ide untuk mengelola lahan pekarangan untuk menjadi lahan produksi perikanan pada kolam minimalis. (Ist)

BANGKA, BABELREVIEW.CO.ID -- Tim KKN UBB Desa Banyuasin Kecamatan Riau Silip kembali melaksanakan salah satu program kerjanya.

Kali ini program yang dilaksanakan yaitu pekarangan biru, sebuah program yang menawarkan ide untuk mengelola lahan pekarangan untuk menjadi lahan produksi perikanan pada kolam minimalis.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan lahan yang dimiliki oleh masyarakat lebih produktif. Selain itu juga untuk pemenuhan gizi bagi masyarakat.

“pelaksanaan program ini dilakukan sejak hari pertama KKN di Desa banyuasin ini. Kegiatan budidaya ikan dalam kolam minimalis dilakukan secara gotong royong dengan POKDARWIS di wilayah tersebut. Kegiatan dimulai dengan pembangunan kolam, persiapan air, penebaran benih, dan pemeliharaan ikan, Kami mengharapkan bahwa nantinya masyarakat di Desa ini akan mampu memanfaatkan lahan yang ada guna meningkatkan ekonomi serta pemenuhan gizi dari protein hewani”, ujar Untung.

Sementara itu, Ketua Tim KKN Desa Banyuasin, Ipan Guspian mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian mahasiswa terhadap kondisi saat ini.

Selain itu kegiatan ini adalah bukti bahwa mahasiswa telah melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi.

“kegiatan KKN dengan program pekarangan biru merupakan salah satu program dengan memanfaatkan lahan sekitar sesuai dengan panduan kegiatan KKN UBB dimana salah satu program yang bisa dilaksanakan yaitu pemanfaatan pekarangan biru. Kami berharap dengan adanya program ini kedepannya masyarakat desa banyuasin ini bisa mengambil ilmu yang telah di berikan serta dapat di aplikasikan,”ungkapnya.

Dirinya juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada TIM KKN yang telah bekerja keras untuk menyukseskan program ini. (BBR)
Sumber: Mahasiswa KKN UBB
Penulis : Ipan Guspian