Pelajar Dan Mahasiswa Dominasi Penggunaan Fasilitas Rapid Test Gratis

Ibnuwasisto
Pelajar Dan Mahasiswa Dominasi Penggunaan Fasilitas Rapid Test Gratis
Suasana di Kantor BPBD Kabupaten Bangka saat masyarakat memberikan kelengkapan data untuk mendapatkan rapid test gratis, Jum'at (10/7/2020). (Foto.Ist)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Dalam menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, Pemkab Bangka mengadakan senam masal di tiga tempat berbeda antara lain di depan Kantor Bupati, di Jalan A Yani dan di Hutan Kota Sungailiat, Jum'at (10/7/2020).

Setelah selesai dilaksanakan senam masal dilanjutkan dengan Jum'at Bersih yang juga dilakukan di tiga tempat berbeda salah satunya di Jalan A Yani, Jalan Jenderal Sudirman dan di Hutan Kota Sungailiat.

Selain itu, dalam rangka untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus corona atau Pandemi Covid-19 di Kabupaten Bangka intens dilakukan rapid test masal gratis di seluruh kecamatan yang ada. Dengan total yang sudah melakukan pemeriksaan rapid test gratis sebanyak 6.861 orang. Dan untuk rapid test yang dibuka dari tanggal 2 Juli sampai 10 Juli 2020 sudah berjumlah 650 orang.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan GTPP Covid-19 Pemkab Bangka, Boy Yandra SKM MPH menyampaikan jika fasilitas rapid test gratis banyak digunakan oleh para pelajar dan mahasiswa. Kemudian masyarakat umum, TNI dan ASN. SK dari kebijakan pemberian rapid test gratis ini adalah SK 188.45/914/BPBD/2020 tentang pelaksanaan rapid test Covid-19 gratis bagi masyarakat di Kabupaten Bangka yang memiliki KTP maupun KK.

"Jika masih ada yang belum mempunyai KTP atau KK Bangka maka hanya tinggal meminta surat keterangan domisili dari kantor desa atau kelurahan kemudian di teruskan ke BPBD dan setelah itu mendapatkan nota persetujuan untuk dilakukan rapid test di RSUD Depati Bahrain Sungailiat," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan untuk pelajar Islamic Center akan dilakukan rapid test gratis masal pada tanggal 14 Juli 2020 yang berlokasi di Islamic Center. Kemudian untuk memutuskan mata rantai penyebaran Pandemi Covid-19, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka melakukan pertemuan pemantapan data aplikasi Sistem Informasi Terpadu Kerja dan Olahraga (SITKO).

"Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemantauan daripada kegiatan yang telah dilakukan kemudian evaluasi dan pelaporan di lingkungan kesehatan kerja dan olahraga. Saya menghimbau agar masyarakat tetap memakai masker, cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, jaga jarak, konsumsi makanan yang bergizi dan bervitamin," tukasnya.


Penulis : Ibnu

Editor :

Sumber : Babel Review