Pelaksanaan KBM, Dinas Pendidikan Pangkalpinang Tunggu Keputusan Kemendikbud

kasmirudin
Pelaksanaan KBM, Dinas Pendidikan Pangkalpinang Tunggu Keputusan Kemendikbud
Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi. (Foto: Gusti Randa)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi mengatakan, terkait dimulainya aktivitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah, masih menunggu keputusan dari Kemendikbud RI.

"Belum ada petunjuk, kalender pendidikan tersebut dirancang dalam keadaan normal. Untuk KBM sampai saat ini masih nenunggu petunjuk dari Kemendikbud," ujar Eddy saat ditemui, Jumat (29/5/2020).

Eddy mengatakan, saat ini Dinas Dikbud Kota Pangkalpinang, sedang mempersiapkan skema Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang akan segera dibuka.

“Kalau memang harus masuk, kita persiapkan dahulu terutama PPDB. Kemudian kalender pendidikan dibuat pedoman kegiatan akademik, sebagai acuan penuntasan kurikulum, proyeksi normal dan antisipasi, yang jelas sampai saat ini finalisasi dan metode KBM belum diputuskan,” ucap Eddy.

Eddy juga menuturkan, kalau keadaan ini terus berlanjut, Dinas Dikbud Kota Pangkalpinang akan mengkaji, merancang dan memaksimalkan guru-guru terjadwal untuk mengajar langsung.

"Kalau bisa kita door to door ke RW/RT dengan protokol kesehatan dalam KBM. Selanjutnya para orang tua diharapkan dapat memaksimalkan belajar mandiri menggunakan berbagai media online ataupun buku-buku pelajaran teks, serta mengorbankan waktu untuk membimbing anak untuk belajar dalam situasi saat ini," ujarnya.

Eddy berharap, kepada masyarakat Kota Pangkalpinang untuk tetap tenang dan bersabar sembari menunggu keputusan terbaik dan juga merancang formula KBM yang terbaik untuk peserta didik.

"Kami memahami keadaan masyarakat yang resah, bosan, jenuh dan sebagainya. Yang jelas persoalan Covid -19 ini yang kita hadapi persoalan dunia, yang terpenting jaga kesehatan dan pola hidup sehat," imbaunya. (BBR)


Penulis : Gusti Randa

Editor   : Kasmir