Pelayanan HCU di RSUD Dr. Eko Maulana Ali Resmi Beroperasi

kasmirudin
Pelayanan HCU di RSUD Dr. Eko Maulana Ali Resmi Beroperasi
Bupati Bangka Tarmizi Saat turut hadir meresmikan pelayanan HCU RSUD Dr. Eko Maulana Ali Belinyu, Kamis (13/9/2018). (Foto: Irwan)

BELINYU, BABEL REVIEW – Pelayanan High Care Unit (HCU) RSUD Dr. Eko Maulana Ali resmi beroperasi, Kamis (13/9/2018). Dengan adanya pelayanan HCU, maka rumah sakit dapat meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien serta meningkatkan efisiensi dan efektifitas pemanfaatan pelayanan HCU terutama bagi pasien kritis stabil yang hanya membutuhkan pelayanan pemantauan.

Direktur RSUD Dr. Eko Maulana Ali dr. Aswin Hakim Lubis menjelaskan, HCU merupakan unit pelayanan di rumah sakit bagi pasien dengan kondisi stabil dari fungsi respirasi, hemodinamik, dan kesadaran namun masih memerlukan pengobatan, perawatan dan pemantauan secara ketat.

“Tujuan atau pun fungsi adalah agar bisa diketahui secara dini perubahan-perubahan yang membahayakan, sehingga bisa dengan segera dipindah ke ICU untuk dikelola lebih baik lagi,” jelas Aswin.

Ditambahkan Aswin, saat ini RSUD Dr. Eko Maulana Ali menjadi rumah sakit yang merupakan fasilitas kesehatan tingkat lanjut. Dan per 1 Agustus 2018 RSUD Dr. Eko Maulana Ali telah menerima pasien rujukan BPJS dari fasilitas kesehatan tingkat pertama.

“Contohnya Puskesmas Belinyu, Gunung  Muda, RS Medika, Puskesma Riau Silip, dengan tiga spesialistik. Selain itu gedung ini juga siap menambah gedung operasi, dan tahun depan kita siap menjalankan unit Radiologi,” katanya.

Sementara itu Bupati Bangka Tarmizi Saat yang hadir meresmikan pelayanan HCU tersebut berharap kedapannya dapat menjadi Rumah Sakit yang mampu menangani satu penyakit khusus.

“Kedapan RSUD Dr. Eko Maulana Ali ini harus menjadi Rumah Sakit yang khusus menangani satu penyakit, begitu juga dengan rumah sakit lainya juga haru memapu menangani satu penyakit khusus,”harap Tarmizi.

Tarmizi juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan, karena kesehatan sangat penting. “Sehat itu sangat mahal, jadi mari kita bersama-sama menjaga kesehatan kita dengan menjaga dan mengontrol pola makan yang sehat dan jika perlu berolahraga,” ajaknya. (BBR)


Penulis :  Irwan
Editor   :  Kasmir
Sumber : Babelreview