Pembangunan Infrastruktur Desa Deniang Demi Mencapai Kesejahteraan Sosial

Ahada
Pembangunan Infrastruktur Desa Deniang Demi Mencapai Kesejahteraan Sosial
Feby Ageza Putra Mahasiswa Teknik Sipil FT UBB

Pembangunan Infrastruktur Desa Deniang Demi Mencapai Kesejahteraan Sosial

 

Oleh: Feby Ageza Putra

Mahasiswa Teknik Sipil FT UBB

 

DESA Deniang merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, yang memiliki keindahan alam dengan beberapa objek pariwisata yang terdapat di Desa Deniang.

Dengan adanya perkembangan yang cukup pesat baik di bidang kemasyarakatan sosial maupun pembangunan infrastruktur demi  mendukung perkembangan taraf hidup masyarakat tersebut, terwujudnya masyarakat sejahtera tampaknya dapat diwujudkan dengan segera.

Adapun Tim KKN UBB XV 2020 Desa Deniang hadir di tengah-tengah masyarakat Desa Deniang, untuk berbagi ilmu pengetahuan yang diharapkan mampu membantu proses pembangunan tersebut terutama pada sektor infrastruktur yang dapat membantu mewujudkan masyarakat sejahtera.

Secara umum, pengertian infrastruktur adalah semua struktur dan fasilitas dasar, baik fisik mau pun sosial (misalnya bangunan, jalan, dan pasokan listrik) yang diperlukan untuk operasional kegiatan masyarakat atau perusahaan.

Infrastruktur adalah semua fasilitas yang diperlukan oleh masyarakat umum untuk mendukung berbagai kegiatan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan kata lain, infrastuktur merupakan semua fasilitas, baik fisik maupun non fisik yang dibangun oleh pemerintah maupun perorangan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dalam berbagai sendi kehidupan sosial dan masyarakat.

Oleh karena itu, demi tercapainya kesejahteraan sosial bagi masyarakat di Desa Deniang, pembangunan infrastruktur yang memadai sangatlah diperlukan demi menunjang kegiatan sehari-hari masyarakat Desa Deniang yang cukup banyak berprofesi sebagai petani dan juga nelayan.

Beberapa infrastruktur yang ada di Desa Deniang seperti jalan dan juga jembatan hendaknya mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah pusat dan juga pemerintah daerah.

Dengan pembangunan infrastruktur yang lebih ditingkatkan, masyarakat luas khususnya mereka yang menggunakan jalur infrastruktur transportasi tentu dapat menikmati kemudahan dalam beraktifitas, baik itu aktifitas sehari - hari maupun aktifitas yang berhubungan dengan pekerjaan mereka sehari - hari.

Selain itu, manfaat dari pembangunan infrastruktur yang memadai, dapat berdampak pada kemudahan distribusi logistik dari kota besar kedaerah pedesaan yang mana hal tersebut tentu dapat membantu terwujudnya masyarakat sejahtera di bidang ekonomi dan juga sosial.

Salah satu contoh daerah di Desa Deniang yang perlu mendapatkan bantuan pembangunan oleh pemerintah ialah jalan-jalan yang sudah mulai rusak dan jalan yang selalu digunakan sebagai jalan akses umum seperti jalan menuju Pantai Bedukang, Pekul, dan lain-lain.

Selain berfokus pada pembangunan infrastruktur transportasi yang dapat berguna bagi masyarakat Desa Deniang, adapun pembangunan infrastruktur di sektor lain yang dapat mendukung kelancaran transportasi ialah fasilitas peneranganjalan yang dirasa kurang memadai.

Beberapa jalan yang ada di Desa Deniang tampaknya perlu mendapatkan penerangan jalan sehingga transportasi dan tingkat keamanan bagi pengendara di Desa Deniang dapat lebih terjamin.

Oleh karena itu, dengan adanya pembangunan berkelanjutan pada sektor infrastruktur di Desa Deniang, diharapkan mampu menjadi jawaban dari keluh kesah masyarakat sekitar yang hendak diperhatikan oleh pemerintah di Kabupaten Bangka. Semoga dengan hadirnya KKN UBB XV 2020 Desa Deniang, terwujudnya masyarakat sejahtera tidak lagi terbatas sekadar angan –angan saja. (BBR)