Pemdes Air Lintang Deklarasikan Desa Bebas dari Perilaku Buang Air Besar Sembarang

Kasmirudin
Pemdes Air Lintang Deklarasikan Desa Bebas dari Perilaku Buang Air Besar Sembarang
Bupati Bangka Barat, Markus, SH, saat menghadiri deklarasi Desa Air Lintang, Open Defecation Free (ODF) atau desa bebas dari perilaku buang air besar sembarangan, Rabu (23/9/2020). (Foto: Istimewa)

TEMPILANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Desa Air Lintang, Kecamatan Petaling, Kabupaten Bangka Barat, mendeklarasikan Open Defecation Free (ODF) atau desa bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

Acara yang dihadiri Bupati Bangka Barat, Markus, SH, Kasi Intel Kejari Bangka Barat, Kepala Dinas Kesehatan Bangka Barat, kepada OPD, PKK Kabupaten Bangka Barat, Camat Tempilang, Kepala Puskesmas Tempilang, Kapolsek, Koramil, Pj. Kades Air Lintang beserta perangkat desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda digelar pada Rabu (23/9/2020).

Bupati Bangka Barat, Markus, SH mengucapkan terima kasih khususnya kepada masyarakat Desa Air Lintang atas semangatnya berkomitmen untuk tidak lagi buang air besar sembarangan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat atas pencapaian ini, mulai dari unsur pemerintah daerah, Puskesmas Tempilang, aparat desa, kader, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta lintas sektor lainnya,” ujarnya.

Menurut Markus, pencapaian ini sebagai prestasi awal untuk menyukseskan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang terdiri dari 5 pilar, yakni Stop Buang Air Besar Sembarangan, Cuci Tangan Pakai Sabun, Pengolahan Air Minum/Makanan Rumah Tangga, Pengolahan Sampah Rumah Tangga, dan Pengolahan Limbah Cair Rumah Tangga.

“STBM akan bersinergi dengan program Gerakan Terarah Tangani Stunting dengan 24 Langkah (GT2S24), yang merupakan inovasi kami untuk mencegah berbagai penyakit khususnya penyakit berbasis lingkungan dan penanganan stunting,” imbuh Markus.

Kepala Puskesmas Tempilang yang diwakili Kasubbag Tata Usaha, Jomidi, S.Kep., Ners mengatakan, Desa Air Lintang merupakan desa ketiga yang mendeklarasikan ODF atau desa bebas dari perilaku buang air besar sembarangan dari 9 desa yang ada di Kecamatan Tempilang. Desa sebelumnya yang sudah deklarasi adalah Desa Kelumbi dan Desa Tempilang.

“Komitmen Puskesmas Tempilang untuk mewujudkan Kecamatan Tempilang yang sehat. Kami berupaya selalu mengajak peran serta masyarakat, selain kerja sama yang solid antar sektor untuk mewujudkan Tempilang sebagai kecamatan yang sehat,” tukasnya.

Sementara itu Pj. Kepala Desa Air Lintang, Heriyanto menyebutkan jumlah penduduk di Desa Air Lintang sebanyak 4.486 jiwa, terdiri dari 1.366 kepala keluarga serta 12 RT.

“Masyarakat Desa Air Lintang sudah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan sejak akhir 2019.  Atas komitmen Masyarakat, hari ini kami deklarasikan Air Lintang sebagai desa bebas dari perilaku buang air besar sembarangan,” tutupnya.

Kegiatan deklarasi ODF ini ditandai dengan pembacaan naskah komitmen untuk tidak buang air besar sembarangan oleh perwakilan warga, penandatanganan deklarasi oleh kepala desa, tokoh agama, dan tokoh masyarakat disaksikan oleh Bupati Bangka Barat, Pj. Sekda Bangka Barat, jajaran kepala OPD serta tamu undangan lainnya.

Selain itu dalam kesempatan ini, Bupati Markus membagikan bantuan makanan tambahan (PMT) kepada beberapa warga yang memiliki balita, serta ibu hamil. (BBR)


Penulis : Rilis

Editor   : Kasmir