Pemdes Cambai Selatan Serius Kembangkan Peternakan Sapi Desa

kasmirudin
Pemdes Cambai Selatan Serius Kembangkan Peternakan Sapi Desa
Pemerintah Desa Cambai Selatan sedang mengembangbiakan peternakan sapi, sebagai sumber PAD desa. (Foto: Faisal)

NAMANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Peluang usaha ternak sapi di Kabupaten Malang sangat menjanjikan. Hal ini membuat Kepala Desa Cambai Selatan, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Muharam, serius untuk mengangkat potensi ini.

Dirinya mengatakan, budidaya ternak sapi ini sangat menjanjikan. Namun, harus dikerjakan dengan serius dan tekun serta diperlukan juga manajemen yang tepat dan orang yang kompeten terutama dalam perawatan dan pengelolaan budidaya sapi.

“Desa kami ini sangat cocok untuk peternakan sapi, karena sumber makanan ternak yang melimpah. Masyarakat di sini banyak yang menanam pohon sawit, pelepahnya bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak,” ujarnya.

Pada tahun 2019, dari dua ekor induk sapi bantuan Pemkab Bangka Tengah, pemberdayaan budidaya sapi yang dikelola oleh BUMDes tersebut sudah berhasil melakukan dua kali perkembangbiakan sehingga sekarang sudah berjumlah enam ekor.

"Setelah BUMDes berhasil mengembangbiakan sapi dari bantuan pemkab, pemdes juga turut melakukan pengadaan sapi sebanyak enam ekor. Saat ini lima dari enam ekor sapi sedang mengandung dan segera berkembang biak," terangnya.

Untuk tahun 2020, pihaknya berencana akan kembali melakukan pengadaan empat ekor sapi sebagai bentuk keseriusan pemdes guna menciptakan aliran sumber PAD dari hasil bididaya sapi ternak.

"Dalam pengembangan pengelolaan ini, tentunya kami rutin memberikan pelatihan-pelatihan, fasilitasi program dan lain sebagainya. Sehingga peternak sapi lokal dapat bersaing dengan pasar dari luar,” tandas kades. (BBR)


Penulis  : Faisal

Editor    : Kasmir

Sumber : Babel Review