Pemdes Celuak Kembangkan Kolong PDAM Menjadi Tempat Pemancingan Desa

kasmirudin
Pemdes Celuak Kembangkan Kolong PDAM Menjadi Tempat Pemancingan Desa
Kolong PDAM yang rencananya akan dimanfaat Pemdes Celuak untuk dijadikan tempat pemancingan umum. (Foto: Istimewa)

SIMPANG KATIS, BABElREVIEW.CO.ID -- Pemerintah Desa Celuak, Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah, merencanakan pembuatan kolam pemancingan umum dengan memanfaat kolong PDAM.

Sebagai bagian dari program pertamanya membangun desa, Kepala Desa Celuak, Alban S.IP ingin membuat spot perkumpulan warga dengan membuat kolam pemancingan umum dengan beberapa saung tempat bersantai bersama keluarga.

"Di desa kami ada kolong PDAM yang cukup luas, yaitu kurang lebih dua hektare. Saya berpikir untuk memanfaatkan kolong tersebut sebagai tempat pemancingan serta tempat santai warga," ujarnya kepada Babel Review, Rabu (24/6/2020).

Tahap pertama dalam perencanaannya tersebut, tahun ini Pemdes Celuak akan menaburkan sebanyak 10 ribu bibit ikan untuk dibiarkan hidup terlebih dahulu sembari merencanakan pembangunan fasilitas penunjang seperti saung atau tempat bersantai lainnya.

BACA:

Berkurung dan Bekukung, Begini Kearifan Lokal Babel Menghadapi Pandemi

"Untuk tahap awal, tahun ini kita siapkan 10 ribu bibit ikan yang terdiri dari nila dan baung untuk ditaburkan ke dalam kolam sembari pelan membangun fasilitas penunjang lainnya di sepanjang kolam," ucapnya.

Alban S.Ip.

Diharapkan Alban, dengan adanya rencana pembangunan kolam pemancingan desa ini, ada wadah positif untuk tempat warga berkumpul baik untuk mancing ataupun tempat bersantai serta tempat penyelenggaran event hari-hari besar.

"Kolam pemancingan ini bisa dimanfaatkan untuk tempat penyelanggaran event, seperti hari kemerdekaan dengan cara mengadakan lomba mancing tingkat desa," tutur Alban.

Dengan anggaran dana desa yang banyak digeser untuk penangganan Covid-19, Alban pun tak bisa berjanji untuk bisa realisasi secepat mungkin. Namun, akan direalisasikan secara bertahap.

"Kolong PDAM yang jaraknya tak sampai 1 km dari jalan utama tersebut akan kami realisasikan pemanfaatannya menjadi kolam pemancingan secara bertahap, kita berharap bukan hanya bisa dimanfaat warga desa celuak saja, namun bisa dikembangkan menjadi spot wisata desa," pungkasnya. (BBR)


Penulis : Faisal

Editor   : Kasmir