Pemdes Pangkal Buluh Galakkan Program Pemberdayaan Masyarakat Untuk Ketahanan Pangan

Diko Subad
Pemdes Pangkal Buluh Galakkan Program Pemberdayaan Masyarakat Untuk Ketahanan Pangan
foto Ist

BANGKA SELATAN, BABELREVIEW.CO.ID -- Banyak cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk mewujudkan kemandirian pangan dengan cara mengelolah lahan tidur menjadi lahan produktif.

Seperti yang dilakukan warga Desa Pangkal Buluh, Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan, dengan menggalakkan kegiatan produksi program padat karya tunai dana desa serta program pemberdayaan masyarakat untuk ketahan pangan. 

Kepala Desa Pangkal Buluh Marjan kepada media ini Minggu (26/9/2021) melalui program tersebut pihaknya menggarap lahan 10 hektar untuk ditanami padi ladang atau sering disebut masyarakat sekitar berume darat. 

"Bersama masyarakat kami menanam padi darat, juga kami berdayakan warga desa 50 hingga 60 orang untuk berume darat," jelas Marjan. 

Diterangkan Marjan, kegiatan penanaman padi memakan waktu empat hingga lima hari hal ini dipengaruhi oleh faktor cuaca di loaksi tersebut. 

"Insyaallah kurang lebih 5 bulan kedepan bibit padi yang ditanam akan panen, nantinya akan dikelolah oleh kelompok lumbung pangan dan seusai panen lahan ini akan ditanami sawit sebagai salah satu sumber pendapatan desa," beber Marjan. 

Pantauan media ini tampak warga Desa Pangkal Buluh yang terdiri dari laki-laki dan perempuan bersemangat menyemai benih padi, cuaca yang panas tidak menyurutkan semangat mereka.(*/BBR)