Pemeriksaan Soal Daging Gratis, ITDA Bateng Sudah Serahkan ke Bupati

Ahada
Pemeriksaan Soal Daging Gratis, ITDA Bateng Sudah Serahkan ke Bupati
Plang Kantor ITDA Pemkab Bangka Tengah. (Ist)

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Persoalan daging gratis yang diduga bermasalah karena berstatus subsidi didalam website LPSE Bateng, diakui Kepala Inspektorat Daerah (ITDA) Bangka Tengah, Johan Siahaan telah selesai diproses.

Sebagai bagian dari OPD Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, menurut Johan, ITDA telah melakukan kewenangan memeriksa dugaan seperti yang banyak dibicarakan masyarakat saat ini.

"Saya tidak bisa berkomentar lebih jauh.  Semua hasil pemeriksaan sudah kita serahkan. Untuk data yang diminta pihak luar termasuk wartawan, harus izin kepala daerah," ujar Johan, ketika dikonfirmasi awak media pada Selasa (16/6/2020) di kantornya.

Dijekaskan Johan, sejak persoalan daging ini dilimpahkan penanganannya ke pihak inspektorat, pihaknya sudah melakukan tugas sesuai kewenangan.

Terkait adanya pihak di luar lembaga di lingkungan Pemkab Bateng yang ingin mendapatkan informasi progress pemeriksaan inspektorat, harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari Bupati Bangka Tengah selaku kepala daerah.

"Hasilnya sudah ada dan sudah kita serahkan kepada Bupati Bangka Tengah. Jadi bila pihak di luar Pemkab Bangka Tengah ingin mendapatkan hasil tersebut harus ada persetujuan dari Bupati selaku kepala daerah terlebih dahulu," jelasnya.

Bahkan, Johan menerangkan aturan kepada awak media, siapa saja pihak luar yang ingin mendapatkan informasi harus ada izin dari kepala daerah, karena dirinya tidak punyak hak mengeluarkan informasi atau statement tanpa seizin Bupati.

Johan menjelaskan, seluruh OPD yang merupakan bawahan Bupati seharusnya tidak boleh mengeluarkan informasi tanpa seizin Bupati.

Pasalnya, kata Johan,  seluruh  OPD merupakan satu kesatuan dimana pimpinannya adalah Bupati.

"Yang pasti, untuk di inspektorat, seluruh informasi yang akan keluar, harus seizin Pak Bupati," tukas Johan. (BBR)