Pemkab Bangka Anggarkan 38 Milyar Antisipasi Covid-19

Ibnuwasisto
Pemkab Bangka Anggarkan 38 Milyar Antisipasi Covid-19
Bupati Bangka Mulkan SH MH saat menyampaikan anggaran penanganan virus Corona di ruang OR Bina Praja Pemkab Bangka, Kamis (19/3/2020). (Foto.Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Bupati Bangka Mulkan SH MH menyatakan bahwa pihak pemerintah kabupaten Bangka menetapkan siaga darurat wabah virus corona atau Covid-19 melalui surat Bupati beberapa hari yang lalu. Dengan status keadaan tertentu bencana wabah penyakit tersebut secara otomatis pemerintah kabupaten Bangka memerlukan dana tak terduga yang dapat langsung dipergunakan. 

Menyikapi hal tersebut, Bupati Bangka menyampaikan pada saat pertemuan di ruang OR Bina Praja Pemkab Bangka, Kamis (19/3/2020), bahwa pemerintah kabupaten Bangka berdasarkan keputusan Bupati Bangka nomor 188.45/495/DINKES/2020 menyiapkan dana sebesar Rp. 38.993.976.000 yang diambil dari dana insentif daerah tahun anggaran 2020.

"Alokasi dana tersebut di pergunakan untuk kegiatan antisipasi atau pencegahan yang terdiri dari belanja bahan habis pakai untuk disinfekfan sekolah, perkantoran, fasilitas pelayan kesehatan, rumah ibadah dan fasilitas umum lainnya. Dengan adanya pergeseran penggunaan anggaran ini maka ada beberapa kegiatan yang sudah direncanakan ada penundaan," terangnya.

Dan nanti pihak pemerintah daerah akan menyampaikan ke pihak DPRD mengenai kegiatan-kegiatan yang mengalami penundaan. Ia menegaskan bahwa dana untuk kegiatan tersebut difokuskan untuk pencegahan wabah virus corona.

"Keadaan sekarang bukan suatu keadaan yang mencekam tetapi merupakan keadaan yang menimbulkan rasa was-was. Kita jangan panik tetapi juga jangan lengah, kalau lengah akan menimbulkan permasalahan baru. Kesehatan ini harganya sangat mahal, jangan sampai virus corona ini berdampak pada kita dan jangan sampai wabah virus corona ini tidak terjangkit dan tersebar di Pemkab Bangka ini," tutup Bupati Bangka.


Penulis : Ibnu

Editor :

Sumber : Babel Review